Xiaomi 13 Batal Rilis, Gara-Gara Mantan Presiden China Jiang Zemin Wafat

Rahmi Yati
Kamis, 1 Desember 2022 | 17:37 WIB
Xiaomi/Ilustrasi
Xiaomi/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peluncuran Xiaomi 13 yang rencanakan hari ini, Kamis 1 Desember 2022 dikabarkan ditunda menyusul adanya kabar mantan pemimpin China Jiang Zemin yang wafat.

Perusahaan mengumumkan penundaan tersebut di Weibo (situs web microblogging China). Sayangnya, tidak dijelaskan lebih lanjut kapan perangkat baru itu akan diluncurkan.

"Kami meminta maaf dan menginformasikan kalau peluncuran Xiaomi 13 akan ditunda. Kami akan memberi tahu Anda secepatnya saat tanggal peluncuran yang baru sudah dikonfirmasi," tulis Xiaomi di Weibo dikutip dari GSM Arena, Kamis (1/12/2022).

Sementara itu kantor berita China, Xinhua melaporkan Jiang Zemin meninggal dunia pada 30 November 2022 di Shanghai pukul 12.13 waktu setempat dalam usia 96 tahun. Dikatakan penyebab kematiannya adalah karena leukemia dan kegagalan banyak organ.

Pemerintah China kemudian mewajibkan pengibaran bendera setengah tiang sampai pemakaman mendiang Zemin digelar. Hingga kini belum ditentukan kapan waktunya.

Sebelumnya, pengumuman peluncuran Xiaomi 13 sudah dimuat di platform Weibo, yaitu pada Kamis (1/12/2022), pukul 19.00 waktu Beijing.

Xiaomi 13 yang diperkenalkan akan terdiri dari dua model, yaitu Xiaomi 13 “reguler” dan Xiaomi 13 Pro. Selain memperkenalkan ponsel flagship barunya, Xiaomi juga akan mengumumkan sistem operasi antarmuka (User Interface/UI) teranyar, MIUI 14.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper