Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Langka! Planet Mars Bisa Terlihat Jelas dari Bumi 8 Desember

Planet mars dan Bulan akan terlihat sangat jelas dari bumi pada 8 Desember 2022 mendatang, jangan lewatkan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 November 2022  |  16:12 WIB
Langka! Planet Mars Bisa Terlihat Jelas dari Bumi 8 Desember
Terra Meridiani di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 8 Desember 2022, akan terjadi fenomena langka luar angkasa, dimana planet Mars bisa terlihat sangat jelas dari bumi. Ini merupakan fenomena yang disebut oposisi Mars.

Di hari yang sama, Mars akan lewat di belakang Bulan dalam peristiwa yang dikenal sebagai okultasi bulan.

Fenomena ini dapat untuk dilihat dengan mata telanjang, teropong atau teleskop.

Di malam tersebut, Anda bisa melihat penampakan bulan yang sangat bulat dan mars sebagai piringan kecil di sebelahnya.

Okultasi bintang terang-sedang ini lebih jarang terjadi, dan okultasi bintang terang cukup jarang terjadi sehingga menjadi sangat istimewa.

Selain itu, okultasi bulan dari planet-planet jarang terjadi dan memang sangat istimewa untuk menangkapnya.

Kedekatan yang relatif dekat ini menimbulkan efek yang dikenal sebagai paralaks dan artinya jika dilihat dari lokasi yang terpisah jauh, posisi Bulan terhadap objek latar belakang yang lebih jauh tampak bergeser.

Proses kemunculan oposisi Mars dan Okultasi Bulan

Pertama, bulan purnama berada di dekat Mars pada sore hari tanggal 7 Desember 2022. Momen bulan purnama yang tepat adalah pada pukul 22.08. CST pada 7 Desember (4:08 UTC pada 8 Desember).

Pada malam hari, saat bulan bergerak melewati Mars, ia akan melintas di depan planet merah di sebagian besar Amerika Utara dan Eropa. Ini dikenal sebagai okultasi, karena bulan menutupi atau gerhana Mars. Kemudian, sekitar pukul 12 pagi CST (6 UTC) pada tanggal 8 Desember, Mars mencapai oposisi. Selama oposisi, matahari, Bumi, dan Mars akan membentuk satu garis, dengan Bumi di tengahnya.

Karena Mars mencapai oposisi pada Desember 2022, ini adalah bulan terbaik untuk melihatnya. Oposisi Mars, saat berlawanan dengan matahari di langit kita, berarti Mars terlihat dari matahari terbenam hingga matahari terbit. Selama bulan Desember, planet merah juga akan menjadi paling terang. Itu adalah Mars terdekat dengan Bumi selama dua tahun ke depan.

Karena bulan akan penuh dan cerah pada tanggal 7-8 Desember, sebaiknya gunakan teropong untuk melihat planet yang lebih redup.

Strategi pengamatan terbaik untuk okultasi bulan Mars adalah mulai menonton dari 20 menit atau lebih sebelum waktu acara yang ditentukan, untuk memastikan Anda tidak melewatkan apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

planet mars planet Planet bulan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top