Gempa Cianjur: Sinyal Telkomsel, XL, dan Indosat Ikut Tumbang

Rahmi Yati
Senin, 21 November 2022 | 17:44 WIB
Ilustrasi menara BTS. / Dok. PT Hutchison 3 Indonesia
Ilustrasi menara BTS. / Dok. PT Hutchison 3 Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah infrastruktur telekomunikasi milik Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, hingga XL Axiata mengalami gangguan pasca terjadinya gempa 5,6 SR di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan pihaknya telah melakukan monitoring terhadap dampak bencana gempa tersebut terhadap infrastruktur telekomunikasi.

"Dampak akibat gempa di wilayah Cianjur pada pukul 13.21 WIB pada tanggal 21 November 2022 terdapat 73 Base Transceiver Station [BTS] Telkomsel down dari total 245 site [29,8 persen]," katanya, Senin (21/11/2022).

Dia menyebut sebagai langkah mitigasi, Telkomsel menyediakan supply power cadangan seperti MBP (Mobile Backup Power) dan Genset Portable lantaran supply listrik dari PLN terputus.

Saat ini, sambung Usman, Telkomsel masih berupaya keras dalam pemulihan sebagian BTS-BTS yang terdampak gempa dengan terus memberikan komitmen kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi terbaik pada masyarakat.

Sementara itu pada layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), tercatat sebanyak 79 BTS yang terdampak seiring adanya gangguan atau terputusnya aliran listrik PLN.

"Tim IOH terus melakukan monitoring," ucapnya.

Untuk layanan XL Axiata, turut mengalami gangguan pada 130 BTS 4G dan 130 BTS 2G. Namun, secara keseluruhan layanan networking XL Axiata masih aman.

Sementara itu, layanan Smartfren dan layanan telekomunikasi pelat merah, Telkom diklaim tetap dalam kondisi aman dan tak ada gangguan pada infrastrukturnya.

"BTS Smartfren aman. Secara umum kondisi network backbone Telkom juga dalam kondisi aman," imbuh Usman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper