Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Sistem Keamanan Siber di Acara B20 Summit 2022

Berikut proses dan prosedur pelaksanaan keamanan siber di perhelatan B20 di Bali kemarin.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 November 2022  |  02:11 WIB
Begini Sistem Keamanan Siber di Acara B20 Summit 2022
Sistem keamanan siber di B20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Business 20 atau lebih dikenal dengan B20 merupakan forum dialog antara komunitas bisnis global dalam agenda G20, yang pada tahun ini digelar di Bali pada 13 – 14 November 2022 lalu.

B20 Indonesia 2022 diselenggarakan oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN) bekerja sama dengan pemerintah Indonesia selaku Presidensi G20.

Acara dihadiri oleh perwakilan negara-negara yang menjadi bagian dari G20 serta CEO dan pimpinan perusahaan dunia, dengan total jumlah delegasi dan peserta mencapai lebih dari 3.000 orang.

Dalam gelaran B20 itu, Xapiens Teknologi Indonesia ditunjuk sebagai pelaksana pengamanan siber dalam seluruh rangkaian acara B20.

Xapiens bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bertugas memberikan pengamanan siber, mulai dari pre-event hingga event offline yang berlangsung selama 2 hari.

“Xapiens mendapatkan kesempatan melalui tim cyber security­, untuk terlibat secara langsung dalam mengamankan kegiatan B20 dari cyber threats”, ungkap Djati Wicaksono, Chief Solutions Officer Xapiens Teknologi Indonesia dalam keterangannya.

Dalam pre-event, Xapiens bersama dengan BSSN membantu mengamankan website B20.

“Pengamanan website B20 ini menjadi poin krusial karena adanya fitur registrasi bagi tamu-tamu negara yang sangat penting untuk dijaga kerahasiaan datanya”, tambah Djati.

Pengamanan pre-event website ini dilakukan sejak pertengahan September 2022, yang awalnya hanya penetration testing, kemudian melebar scope-nya hingga menangani pengamanan siber keseluruhan proses di dalam website.

“Di lapangan, tim Cyber Security Xapiens dibantu juga oleh BSSN dalam melakukan proses audit keamanan secara berkala. Sesuai dengan standar apabila ada temuan vulnerability dari website, maka tim Cyber Security juga melakukan perbaikan atas vulnerability tersebut dan aktifitas ini terus dilakukan secara kontinu hingga hari H”, ungkap Dimas Jeyraff, Cyber Security Manager Xapiens Teknologi Indonesia.         

Xapiens juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengamanan Cyber Security on the spot di Bali pada hari H. “Perwakilan tim Xapiens bertugas langsung di Bali Nusa Dua Convention Center, stand-by selama acara apabila terjadi incident di venue dan juga melakukan pengamanan siber secara keseluruhan seperti day-to-day assessment atas network dan backend system. Sehingga apabila terjadi sesuatu di venue, maka tim perlu mengambil langkah pengamanan yang tepat agar event tetap berjalan lancar dan kondusif”, tambah Dimas.

Cyber Security merupakan tindakan perlindungan yang sangat diperlukan bagi setiap pengguna teknologi informasi. Suksesnya acara B20 Indonesia 2022 ini merupakan bukti bahwa Xapiens memiliki kompetensi di bidang keamanan siber. Selain itu, hal ini tentunya menambah pengalaman bagi Xapiens dalam peran sertanya di lingkup internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keamanan siber serangan siber kejahatan siber
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top