Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Infrastruktur Telekomunikasi Siap Dukung KTT G20, Ini Perinciannya

Kominfo memastikan infrastruktur layanan telekomunikasi siap mendukung KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 08 November 2022  |  13:05 WIB
Infrastruktur Telekomunikasi Siap Dukung KTT G20, Ini Perinciannya
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memberikan pemaparan saat wawancara dengan Bisnis Indonesia di Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Infrastruktur layanan telekomunikasi dipastikan siap mendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan persiapan tersebut secara umum telah mencapai 99,1 persen. Semua upaya dikerahkan untuk memastikan layanan telekomunikasi yang mumpuni pada pelaksanaan KTT G20.

"Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan KTT G20 di Bali, Kemenkominfo mendukung infrastruktur telekomunikasi melalui peningkatan kecepatan internet seluler 4G, fasilitasi perluasan jaringan 5G, penataan kabel udara, serta penyiapan jaringan backup," kata Johnny dikutip dari laman Instagram @Kemenkominfo, Selasa (8/11/2022).

Dia menjelaskan bahwa pemerintah melalui BUMN PT Telkom Indonesia memastikan kelancaran penyelenggaraan KTT G20 dengan menyediakan infrastruktur dan layanan telekomunikasi berkelas internasional.

Adapun, infrastruktur yang disiapkan mencakup penyediaan kapasitas dan penguatan jaringan backbone nasional, penyediaan layanan prima pada WiFi dan jaringan akses kegiatan G20, penyediaan layanan 4G/5G. 

Kemudian juga ada penyediaan layanan network security menggunakan next generation firewall dan aktivasi anti-DDos, serta layanan operasional posko selama KTT G20 di Bali, didukung posko di Jakarta dan Surabaya dengan menyiapkan 320 teknisi di venue yang siap memberikan layanan 24 jam. 

Sementara itu, untuk prioritas kesiapan konektivitas digital meliputi ketersediaan layanan, kualitas layanan suara, kualitas layanan broadband, layanan digital, dan layanan roaming. 

Menkominfo menyebut bahwa PT Telkom Indonesia juga telah menyiapkan layanan untuk broadband, ASTINet, jaringan 5G serta WiFi untuk menunjang ICT, transport dan IP backbone untuk konektivitas jaringan dari dan ke Bali untuk jaringan domestik, dan gateway internet broadband untuk jaringan internasional yang berlokasi di Batam dan Manado. 

Dia menambahkan, penyediaan jaringan 4G/5G juga meliputi venue utama (4G dan 5G, UX 5 Mbps), venue pendukung (4G, UX 3 Mbps), fasilitas pendukung (4G, UX 2 Mbps). Selain itu telah tersedia 7.570 BTS di Bali dengan rincian 5G (24 BTS), 4G (3.656 BTS), 3G (1.505 BTS), dan 2G (2.385 BTS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi kominfo g20 KTT G20 G20 Indonesia
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top