Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Reels Instagram dan Facebook Punya Fitur Baru, Sudah Tahu?

Meta merilis fitur baru dari Reels Instagram dan Facebook untuk meningkatkan potensi monetisasi konten.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 November 2022  |  19:24 WIB
Reels Instagram dan Facebook Punya Fitur Baru, Sudah Tahu?
Ilustrasi fitur Instagram Reels. - Pexels
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meta mengumumkan beberapa pembaruan dan fitur baru di Reels Instagram dan Facebook untuk pengguna di Indonesia.

Direktur Pemasaran Produk untuk Kreator di Meta Ivana Kirkbride mengatakan fitur-fitur baru ini bertujuan membantu kreator menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan potensi monetisasi konten mereka di Facebook dan Instagram.

"Kreator kerap menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam membuat atau mengedit Reels yang ingin mereka bagikan di Instagram. Sekarang, proses ini bisa dilakukan secara langsung, dari aplikasi-aplikasi populer seperti Smule dan semacamnya," kata Ivana, dikutip Senin (7/11/2022).

Adapun dia memerinci, sejumlah fitur baru yang dihadirkan di Facebook Reels antara lain, pertama, Facebook Reels Collabs. Layaknya fitur Collabs di Instagram, Ivana menyebut pengguna Reels di Facebook sekarang bisa menandai atau tagging pengguna lain untuk membagikan konten di Feed mereka secara bersamaan.

Menurut dia, fitur ini sangat populer di Indonesia karena telah terbukti dapat meningkatkan jumlah Views yang dihasilkan.

Kedua, Facebook Reels Explore. Fitur ini, kata Ivana, merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending, memberikan kreator inspirasi mengenai apa yang sedang populer dan sebuah cara baru untuk menarik audiens baru.

Ketiga, Facebook Reactions di Reels. Lewat fitur ini, para pengikut atau penggemar konten akan mendapatkan sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan kreator.

"Beberapa fitur baru di Facebook Reels ini membantu kreator meningkatkan engagement dan meningkatkan peluang monetisasi," ujarnya.

Lebih lanjut Ivana menambahkan, sebagai bagian dari komitmen Meta untuk membantu kreator menghasilkan uang, perusahaan resmi memperluas ketersediaan fitur Branded Content dari Instagram ke Facebook.

Layaknya di Instagram, sambung dia, pengguna Facebook Reels bisa menandai atau tagging sebuah merek yang jadi partner dari kerja sama mereka, atau yang lebih dikenal dengan paid partnership.

Selanjutnya Meta juga mengumumkan produk bernama Mode Profesional, yakni pilihan pengaturan profil baru di Facebook yang didesain khusus untuk kreator.

Melalui mode Profesional, terang Ivana, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang secara langsung dari Facebook melalui fitur seperti Stars dan pendapatan iklan.

"Mereka juga juga dapat mengakses laporan analitik, materi-materi edukasi, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini diluncurkan untuk semua pengguna aplikasi Instagram dan Facebook versi terbaru di Android dan iOs," imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook meta instagram
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top