Induk Facebook dan Instagram Bakal PHK Ribuan Karyawan

Khadijah Shahnaz
Senin, 7 November 2022 | 19:04 WIB
Mark Zuckerberg, pendiri Meta Platforms Inc./ Bloomberg
Mark Zuckerberg, pendiri Meta Platforms Inc./ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meta Platforms Inc., induk dari Facebook dan Instagram, dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ribuan karyawan.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (7/11/2022) Wall Street Journal melaporkan PHK ini akan terjadi paling cepat Rabu, (9/10/2022). Meta dilaporkan telah memberitahu karyawan untuk membatalkan perjalanan yang tidak penting mulai minggu ini.

CEO Meta Mark Zuckerberg pada September 2022 sudah mengatakan rencana mengatur ulang jumlah karyawan untuk pertama kalinya. Hal tersebut dilakukan menyusul adanya perlambatan tajam dalam kinerja pertumbuhan di induk Facebook dan Instagram.

Zuckerberg menginginkan Meta menjadi perusahaan yang lebih kecil pada 2023. PHK ini mencuat saat Meta sedang berjuang dengan kondisi merugi akibat berinvestasi besar-besaran dalam mengembangkan bisnis metaverse.

Analis Intelijen Bloomberg Mandeep Singh menyebut Meta mungkin mencari setidaknya US$3 miliar hingga US$4 miliar dalam pengurangan biaya operasional melalui PHK dan pemotongan biaya tetap.

Hal tersebut akan membuat pengeluarannya mendekati batas bawah antara US$96 miliar hingga US$101 miliar. Adapun PHK yang dilakukan Meta menyusul kebijakan serupa yang dilakukan sejumlah perusahaan teknologi di Silicon Valley.

Pekan lalu setelah Elon Musk mengakuisisi Twitter, perusahaan tersebut akan melakukan PHK terhadap hampir 3.700 karyawan. Perusahaan lain juga mengumumkan pengurangan karyawan, termasuk di antaranya Lyft Inc. dan Seagate Technology Holding Plc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper