Startup Ini Gandeng Charoen Pokphan (CPIN) Kembangkan Teknologi Digital Peternakan

Kahfi
Minggu, 30 Oktober 2022 | 15:04 WIB
Kerja sama antara Pitik dan Charoen Pokphan diharapkan mempercepat digitalisasi sektor peternakan/Pitik
Kerja sama antara Pitik dan Charoen Pokphan diharapkan mempercepat digitalisasi sektor peternakan/Pitik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- PT Pitik Digital Indonesia (Pitik) mengumumkan perjanjian kerja sama berupa nota kesepahaman dengan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk  (CPI) untuk implementasi teknologi digital dalam bidang peternakan ayam melalui teknologi smart farming dan machine learning.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan CEO dan Co-Founder Pitik Arief Witjaksono dan Assistant Vice President (AVP) dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Antoni. 

Arief menjelaskan kerja sama ini menjadi langkah penting dalam melakukan proses digitalisasi sektor peternakan ayam di Indonesia. “Kerja sama ini dilatari karena CPI merupakan perusahaan agro industri terbesar yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1971,” ungkapnya seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (30/10/2022).

Nantinya, teknologi smart farming Pitik  akan dieksplorasi untuk dapat meningkatkan efisiensi farm yang terafiliasi dengan grup CPI di seluruh Indonesia. Kolaborasi antara Pitik dan CPI ini merupakan respon terhadap tingginya antusiasme peternak ayam di Indonesia untuk menggunakan teknologi smart farming Pitik. 

Hal ini terlihat dari peningkatan pengguna teknologi Pitik dalam 10 bulan terakhir, telah meningkat delapan kali lipat. Saat ini perangkat sensor IoT Pitik telah terpasang di 500 titik di seluruh Pulau Jawa. 

“Kami sangat antusias dengan kesempatan untuk berkolaborasi dengan Pitik untuk dapat memodernisasi aktivitas produksi peternakan unggas ini. Berdasarkan observasi yang telah kami lakukan, teknologi smart farming yang dikembangkan oleh Pitik jauh lebih unggul dibandingkan alternatif lain, selain itu dari sisi penggunaan pun paling mengedepankan peternak [farmer-centric] sehingga mudah untuk diimplementasikan,” ungkap Antoni selaku AVP CPI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper