Mandiri Capital Bidik Startup Baru Lewat Program Xponent

Akbar Evandio
Senin, 17 Oktober 2022 | 05:44 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) mengumumkan tengah membidik peluang kerja sama dengan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia melalui program Xponent.

SVP Investment & Synergy PT Mandiri Capital Indonesia Rabbi Amrita Givatama menjelaskan bahwa program tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

Pada acara penandatanganan tersebut, tiga startup telah resmi menjalin kerja sama dengan Mandiri Group, yaitu startup retail Qoala dengan Mandiri Tunas Finance, startup kredit properti Ringkas dengan Consumer Loans Group, dan startup kredit properti lainnya Ideal dengan Consumer Loans Group.

“Program Xponent menjadi jembatan bagi startup di Indonesia di mana MCI mempertemukan startup dengan beberapa unit bisnis dan perusahaan anak dari Mandiri Group untuk nantinya dapat saling berkolaborasi dan bersinergi. Dengan upaya ini, diharapkan terjalin kerja sama yang saling bermanfaat antara startup dengan Mandiri Group, serta menjadi value creation bagi seluruh stakeholders,” katanya lewat rilisnya, Minggu (16/10/2022).

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa saat ini MCI sudah terlibat dalam pendanaan kepada 22 startup yang bergerak di berbagai bidang dan MCI berperan aktif untuk membangun business traction kepada portfolio maupun non-portfolio melalui sinergi dengan ekosistem Mandiri Group untuk pertumbuhan ekosistem startups dan ekonomi digital Indonesia.

Direktur Keuangan PT Mandiri Capital Indonesia Rino Bernando, mengatakan program Xponent juga ditargetkan bisa mendorong kemajuan startup di Indonesia.

Selain itu, program tersebut dirasa dapat meningkatkan synergy value yang signifikan kepada startup dan Mandiri Group.

"MCI pun akan rutin melaksanakan program Xponent secara berkala sebagai wujud komitmen kami mendukung akselerasi transformasi ekonomi digital Indonesia, dan sebagai salah satu strategi kami mendorong kinerja perusahaan,” tutur Rino.

Program Xponent segmen pertama dengan kategori Lending telah diselenggarakan oleh MCI dengan tujuan mendorong sinergi antarunit bisnis di Mandiri Group dan startup.

Adapun, kerja sama yang terjalin, antara lain Qoala dan Mandiri Tunas Finance, kerja sama layanan solusi retail dan solusi wholesale, di mana Qoala akan menjadi partner dalam pemberian asuransi kepada debitur MTF, serta berperan sebagai insurance broker untuk digital channel.

Kemudian, Ringkas dan Consumer Loans Group, yakni kerja sama pembiayaan rumah (KPR), sehingga proses pembelian rumah hingga pencairan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Lalu, Ideal dan Consumer Loans Group yang melakukan kerja sama pembiayaan rumah (KPR), sehingga proses pembelian rumah hingga ke pencairan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper