Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menkominfo Siapkan 3 Jurus Percepat Adopsi Komputasi Awan

Menkominfo Johnny G. Plate menyebut memiliki 3 jurus untuk mempercepat adopsi teknologi komputasi awan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 14 Oktober 2022  |  10:46 WIB
Menkominfo Siapkan 3 Jurus Percepat Adopsi Komputasi Awan
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan ada tiga langkah yang dilakukan untuk mempercepat dan memperkuat adopsi cloud computing atau komputasi awan di Indonesia.

Menurutnya, penerapan teknologi ini berkaitan erat dengan keamanan siber. Apalagi, secara makro, adopsi cloud computing dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia yang diproyeksikan US$10,7 miliar secara kumulatif di 2021 hingga 2025.

"Kementerian Kominfo terus mendorong pengembangan cloud computing Indonesia melalui pengembangan infrastruktur digital hulu, pengembangan sumber daya manusia digital dan kerja sama dalam forum internasional," ujarnya dikutip Jumat (14/10/2022).

Adapun dia memerinci, Kemenkominfo akan membangun pusat data nasional atau government cloud di empat lokasi secara bertahap, yakni Jabodetabek, Batam, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Labuan Bajo.

Selain itu, sambung Johnny, berkaitan dengan infrastruktur broadband, pihaknya terus mendorong pengembangan jaringan 4G. Bahkan saat ini, sudah empat operator di Indonesia yang melakukan 5G experience dan telah diberikan lisensi yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata dan Smartfren.

"Saat ini konektivitas 5G sudah menjangkau hingga 49 kota dan kabupaten di Indonesia, tetapi jaringan 4G tetap menjadi backbone telekomunikasi Indonesia saat ini," tutur Menkominfo.

Lebih lanjut dia menuturkan, Kemenkominfo juga mendorong peningkatan kemampuan talenta digital nasional untuk peningkatan pemanfaatan cloud computing. Lewat Program Digital Talent Scholarship disiapkan pelatihan digital intermediate skill berupa pelatihan teknis dengan cloud foundation, cloud architecture, dan big data associate.

Sementara itu dalam kerja sama internasional, imbuh Johnny, dilakukan melalui event Digital Economy Working Group G20 yang mendorong kesepahaman terhadap praktik pemanfaatan data serta memperkenalkan data free-flow with trust dan cross-border data flow.

"Lewat langkah kebijakan dan pengembangan inovasi itu, diharapkan ada peningkatan utilisasi teknologi cloud. Maka dari itu, pengembangan-pengembangan cloud di Indonesia menjadi esensial untuk kita lakukan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkominfo kemenkominfo komputasi awan cloud computing
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top