Kemenkominfo: Selangkah Lagi Telkomsel Raih Frekuensi 2,1 GHz

Rahmi Yati
Senin, 10 Oktober 2022 | 13:01 WIB
Pekerja melakukan perawatan pada salah satu Base Transceiver Station (BTS) di Depok, Jawa Barat, Senin (25/7/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Pekerja melakukan perawatan pada salah satu Base Transceiver Station (BTS) di Depok, Jawa Barat, Senin (25/7/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) saat ini sedang memproses penetapan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) yang selangkah lagi menjadi pemenang lelang pita frekuensi 2,1 GHz.

Ketua Tim Penataan Alokasi Spektrum Frekuensi Radio Dinas Tetap dan Bergerak Darat Kemenkominfo Adis Alifiawan mengatakan hingga batas waktu yang ditentukan, tidak ada sanggahan dari peserta seleksi terkait pengumuman hasil lelang frekuensi untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022 itu.

"Setelah tidak adanya sanggahan terhadap hasil seleksi tersebut, Tim Seleksi saat ini sedang memproses pengusulan penetapan Telkomsel sebagai pemenang seleksi kepada Menkominfo," katanya kepada Bisnis.com, Senin (10/10/2022).

Adis menyebut pihaknya tidak menerima sanggahan yang disampaikan kepada Tim Seleksi hingga dengan batas waktu penyampaian sanggahan yaitu pada Jumat, 7 Oktober 2022 pukul 15.00 WIB.

Untuk itu, sambungnya, Kemenkominfo segera memproses penetapan pemenang seleksi dan direncanakan dapat diterbitkan pada Oktober 2022 atau awal bulan depan.

"Nantinya pita frekuensi 2,1 GHz yang menjadi objek seleksi ini dapat digunakan [Telkomsel] di awal 2023," terangnya.

Adapun Adis menambahkan, pita frekuensi 2,1 GHz yang jadi objek seleksi ini digunakan untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak selular berbasis netral teknologi.

Dengan begitu, imbuh dia, pita frekuensi ini dapat memberikan keleluasaan kepada operator dalam memilih teknologi seluler yang akan diimplementasikannya, termasuk di dalamnya 4G maupun 5G.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022 , Telkomsel menawarkan Rp605 miliar untuk satu blok 5 MHz FDD (10 MHz) pada rentang 1975-1980 MHz berpasangan dengan 2165-2170 MHz dengan cakupan wilayah layanan nasional. Sedangkan, XL Axiata menawarkan Rp540 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper