Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Startup Cosmart Kantongi Pendanaan Awal Rp76 Miliar dari 3 Investor

Cosmart merupakan startup berbasis keanggotaan (membership) e-commerce pertama di Indonesia yang mengantongi pendanaan awal Rp76 miliar.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  23:30 WIB
Startup Cosmart Kantongi Pendanaan Awal Rp76 Miliar dari 3 Investor
Ilustrasi Startup. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cosmart, startup berbasis keanggotaan (membership) e-commerce pertama di Indonesia untuk kebutuhan bulanan, mengumumkan pendanaan awal sebesar US$ 5 juta atau senilai Rp76 miliar dari tiga investor, yaitu Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures SEA & India.

Putaran pendanaan yang oversubscribed ini juga melibatkan partisipasi investor kawakan, yakni Henry Hendrawan dan Albert Lucius.

Co-Founder Cosmart Alvin Kumarga mengatakan pendanaan dari Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures akan digunakan untuk memperkuat teknologi dan infrastruktur data, sekaligus membangun kerja sama strategis dengan produsen dan para pemain kunci dalam ekosistem rantai pasokan.

"Cosmart hadir untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan harga murah untuk kebutuhan rutin pengguna, sehingga konsumen dapat menghemat waktu, uang, dan anti ribet," ujarnya dalam keterangan resmi pada Senin (3/9/2022).

Dia menuturkan Cosmart adalah one-stop solution bagi pengguna untuk membeli kebutuhan bulanan. Dengan membayar biaya keanggotaan yang murah untuk menjadi anggota, pengguna bisa mendapatkan akses ke produk berkualitas dengan harga lebih murah, membeli produk yang tidak bisa ditemukan di platform e-commerce lain, dan mendapatkan produk contoh (sampel) dari merek baru.  

Adapun, sejak awal berdirinya pada kuartal II/2022, Cosmart mengklaim telah menjual lebih dari 100.000 produk. Startup e-commerce berlangganan ini juga mampu meraih pertumbuhan bisnis 6 kali lipat dalam tiga bulan terakhir, dengan volume belanja bulanan pengguna tercatat 4x lebih tinggi dibandingkan aktivitas belanja di platform lain.

Partner di Lightspeed Pachara (Pinn) Lawjindakul mengatakan senang dengan pendekatan inovatif Cosmart terhadap lanskap belanja online yang padat pemain karen konsumen selalu mencari penawaran terbaik dan harga terendah untuk kebutuhan rutin rumah tangga bulanan.

“Mengelola barang-barang kebutuhan bulanan bisa sangat melelahkan. Cosmart hadir sebagai solusi yang tepat untuk membantu para pengguna untuk menghemat lebih banyak waktu dan uang,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp investasi startup e-commerce
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top