Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkominfo Bangun Pusat Data Nasional di Jabodetabek dan Batam

Kemenkominfo akan membangun pusat data nasional pertama di Jabodetabek dan Batam.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 22 September 2022  |  14:33 WIB
Kemenkominfo Bangun Pusat Data Nasional di Jabodetabek dan Batam
Ilustrasi pusat data. - DAIMLER
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan segera membangun Pusat Data Nasional (PDN) di wilayah Jabodetabek dan Batam, Kepulauan Riau.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pembangunan pusat data ini merupakan yang pertama di Indonesia.

"Dalam waktu yang tidak lama lagi pemerintah akan memulai pembangunan Pusat Data Nasional atau government cloud," kata Johnny dikutip dari akun YouTube Kemenkominfo, Kamis (22/9/2022).

Dia menyebut pemerintah telah memiliki lahan di dua daerah tersebut untuk menjadi lokasi pembangunan PDN. Nantinya, Kemenkominfo akan membangun pusat data yang memiliki standar tertinggi pada standar global yakni tier IV dan tidak akan terputus saluran listriknya.

"Tier IV adalah standar tertinggi pusat data agar secara aman dan optimal dapat mendukung kebutuhan infrastruktur digital bagi pelaksanaan electronic government dan Satu Data Indonesia," ujar dia.

Menkominfo menambahkan, selain di Jabodetabek dan Batam, PDN juga akan dibangun di dua tempat lainnya yakni di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Labuan Bajo. Dengan begitu, total akan ada empat PDN di Tanah Air.

"Kita harapkan juga dapat segera menyusul untuk proses pembangunannya," imbuh Johnny.

Adapun dikutip dari laman Direktorat Jenderal Aplikasi Informatikan Kemenkominfo, fasilitas PDN ini dibangun untuk mendukung pelayanan publik yang efisien, efektif serta transparan.

PDN pertama dibangun di Jabodetabek, tepatnya di Kawasan Deltamas Industrial Estate. Pemilihan wilayah ini disebut karena jadi kawasan pusat pemerintahan saat ini.

PDN kedua dibangun di Batam, yaitu di kawasan Nongsa Digital Park. Kawasan ini dipilih karena dinilai sudah memiliki infrastuktur yang mampu menghubungkan wilayah tersebut dan sekitarnya ke kawasan Barat Indonesia.

Selanjutnya, PDN ketiga akan dibangun di Balikpapan, Kalimantan Timur guna mendukung pusat pemerintahan baru. Terakhir, PDN keempat akan dibangun di Labuban Bajo untuk menghubungkan Indonesia bagian barat dengan timur.

Pemilihan lokasi pusat data yang berbeda-beda ini dilatarbelakangi kebutuhan untuk menghubungkan antarwilayah layanan pemerintah. Nantinya, perihal koneksi antar PDN akan ditopang oleh jaringan Palapa Ring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat data Pusat Data Nasional kemenkominfo menkominfo
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top