Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkominfo: Prancis Ingin Perkuat Keamanan Siber di Indonesia

Menkominfo Johnny G. Plate menyebut Prancis tertarik untuk memperkuat keamanan siber di Indonesia.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 21 September 2022  |  19:11 WIB
Menkominfo: Prancis Ingin Perkuat Keamanan Siber di Indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate membahas perihal keamanan siber dengan Pemerintah Prancis.

Dia menyebut Pemerintah Prancis menyatakan ketertarikan untuk bekerja sama di sektor keamanan siber karena sudah terdaftar di Green Book atau Blue Book Bappenas.

“Meski keamanan siber ini sektornya ada di Badan Siber dan Sandi Negara [BSSN], tetapi kedua pihak juga mendiskusikan hal ini karena Prancis mempunyai teknologi cyber security yang bagus. Saya tentu akan meneruskan ini ke Kepala BSSN,” kata Johnny, Rabu (21/9/2022).

Bukan saja berkaitan dengan keamanan siber, sambungnya, kedua negara juga mendiskusikan peluang bagi perusahaan Prancis agar bisa ikut ambil bagian dalam transformasi digital Indonesia terutama dalam sisi platform seperti e-commerce, fintech dan modal ventura (capital venture).

Menurutnya, Indonesia dan Prancis perlu meningkatkan hubungan bilateral khususnya di sektor ekonomi, dan terus bertumbuh di masa sekarang dan mendatang.

Sebelumnya, pemerintah bersama DPR RI telah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) jadi legislasi primer sebagai payung utama Perlindungan Data Pribadi di Indonesia.

Keberadaan UU PDP ini akan jadi tonggak sejarah baru di sektor digital khususnya sebagai bentuk kemajuan perlindungan data pribadi di Indonesia. Untuk itu, publik juga didorong agar berpartisipasi aktif dalam penerapannya.

Bukan itu saja, sebagai payung hukum utama perlindungan data pribadi di Indonesia, implementasi dari regulasi ini akan bersifat dinamis mengikuti perkembangan teknologi dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkominfo menkominfo keamanan siber
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top