Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisa Dongkrak Ekonomi Digital Asia, Nilai Pasar Gim Web3 Mencapai Rp41 Triliun

Nilai pasar gim web3 diramal mencapai US$2,8 miliar atau Rp41 triliun dalam kurun waktu enam tahun. Sektor ini dianggap mampu menopang ekonomi digital di Asia
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 02 September 2022  |  00:23 WIB
Bisa Dongkrak Ekonomi Digital Asia, Nilai Pasar Gim Web3 Mencapai Rp41 Triliun
Gim Web3 punya potensi nilai pasar yang sangat besar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gim berbasis web3 dianggap bisa menjadi pendongkrak ekonomi digital Asia. Nilai pasar gim ini diramal akan mencapai US$ 2,8 miliar atau Rp41 triliun dalam enam tahun ke depan.

Gim web3 merupakan generasi terbarukan yang mengandalkan teknologi blockchain. Permainan ini mencakup sejumlah elemen, seperti non fungible token (NFT), gim play-to-earn (P2E), gim play-to-own, hingga kripto.

Nguyen Dinh Khanh, CEO Wolffun Game yang mewakili Thetan Arena mengatakan bahwa popularitas gim web3 terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membawa potensi pertumbuhan yang eksponensial dan bisa menjadi salah satu kunci pertumbuhan ekonomi di Asia.

"Gim web3 ini punya potensi dalam peningkatan ekonomi di Asia dengan mendorong adopsi teknologi blockchain dan aset kripto yang lebih luas," kata Khanh dalam siaran pers, Kamis (1/9/2022).

Laporan Absolute Reports memproyeksikan bahwa industri gim play-to-earn NFT diproyeksikan bernilai US$2,8 miliar dalam rentang waktu dari 2022–2028.

Ketertarikan masyarakat akan blockchain gaming juga terus meningkat terlihat dari data Google Trends 2021 yang memperlihatkan pencarian blockchain gaming, gim NFT, dan play-to-earn melonjak.

Khanh menilai bahwa melalui gim web3, pengguna baru dapat bergabung dalam ekosistem tanpa banyak kesulitan. Gim web3 akan menjadi platform yang menghasilkan bagi non-gamer.

Ia mengatakan, komunitas gim web3 juga akan membuka dirinya menerima semua orang dengan berbagai latar belakang untuk bergabung dengan sektor ini dan mencari peluang baru.

Justin Kan, salah satu pendiri Twitch juga mengatakan bahwa, permainan web3 bisa menarik sekitar 3 miliar gamers di dunia, termasuk mereka yang bermain gim seluler.

“Saya pikir ide untuk menciptakan aset digital dan kemudian membebani semua orang untuk semua transaksi di sekitar mereka adalah model yang bagus,” kata Kan dikutip dari TechCrunch.

Sejumlah pemain gim serta pelaku pasar web3 pun gencar mengembangkan permainan terbarukan ini. Thetan Arena misalnya menciptakan ekosistem gim web3 yang inklusif dan mudah diakses oleh semua orang. 

Gim bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) ini mengenalkan sistem free-to-play dan play-to-earn yang diimplementasikan untuk membantu pengguna baru memulai permainan.

Setiap pemain Thetan Arena akan diberikan tiga hero gratis dengan masing-masing skills tertentu, ketika mereka pertama kali bergabung dalam permainan. Karakter atau hero tersebut membuka pintu untuk banyak pengalaman bermain gim.

Gim ini juga melibatkan item NFT yang bisa menjadi elemen kunci dengan memainkan permainan dan jual di marketplace untuk menghasilkan uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

game Gim Daring ekonomi digital
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top