Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkominfo Siapkan Internet Satelit untuk Museum Pulau Rinca

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membangun layanan internet yang terhubung dengan satelit di Museum Kawasan Pulau Rinca.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  06:51 WIB
Kemenkominfo Siapkan Internet Satelit untuk Museum Pulau Rinca
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyiapkan fasilitas layanan internet yang terhubung dengan satelit di Museum Kawasan Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan hal itu merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar akses internet di Museum Rinca langsung terhubung ke satelit.

"Kemenkominfo akan menyediakan akses internet sebesar 30 Mbps," katanya, Senin (15/8/2022).

Awalnya, ujar Johnny, pihaknya akan menyediakan akses sebesar 10 Mbps. Akan tetapi, kapasitasnya ternyata bisa ditingkatkan sampai 30 Mbps.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Anang Latif menuturkan penyediaan akses satelit swasta membutuhkan biaya mahal.

Maka dari itu, sanbungnya, Kemenkominfo menyiapkan peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria) sehingga kehadiran satelit ini membuat peta telekomunikasi Indonesia ke depan nanti berubah.

"Tidak hanya akses internet dan satelit, Kemenkominfo juga telah menyediakan Base Transceiver Station [BTS] di Desa Pasir Panjang, Pulau Rinca dan telah memenuhi kebutuhan 450 keluarga dengan 1.600 penduduk," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

satelit internet kemenkominfo
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top