Dota, Steam, dan Paypal Diblokir, Kok Masih Bisa Diakses?

Khadijah Shahnaz
Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:02 WIB
Dota seharunsya Diblokir, sampai saat ini masih bisa diakses. /Khadijah Shahnaz
Dota seharunsya Diblokir, sampai saat ini masih bisa diakses. /Khadijah Shahnaz
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan akan memutus akses penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat yang belum mendaftar mulai hari ini, Sabtu (30/7/2022). Adapun beberapa platform saat ini masih bisa diakses oleh publik.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat kepada para PSE yang mengoperasikan SE terpopuler pada 22 Juli 2022 dan memberitahukan kembali kewajiban PSE untuk segera melakukan pendaftaran SE yang dioperasikan dalam waktu 5 hari terhitung sejak 25 Juli 2022. 

"Kalau mereka belum mendaftar sampai dengan pukul 23.59 WIB, saya sekali lagi meminta maaf kepada masyarakat untuk layanan ini sementara waktu sampai menunggu mereka melengkapi pendaftaran tidak bisa diakses di Indonesia," tegas Semuel dalam press conference, Sabtu (29/7/2022)

Adapun ke-10 PSE yang dimaksud Semuel antara lain Amazon Inc untuk layanan e-commerce, Paypal, Yahoo search engine, Bing search engine, Epic Games, Steam gim online, Dota gim online, CS gim online, Battle Net, dan Origin.

Berdasarkan pantauan Bisnis pada laman pse.kominfo.go.id, Sabtu (30/7/2022), dua platform sudah mendaftar di laman PSE, yaitu Microsoft BING dan gim Battlenet. Alhasil 8 platform lainnya akan diblokir mulai hari ini.

Dari pantauan Bisnis, platform seperti Yahoo.com, Paypal masih bisa diakses. Beberapa Platform gim seperti Dota dan Steam juga masih bisa diakses oleh masyarakat.

Anis (30 tahun) mengatakan kepada Bisnis, Dia masih dapat bermain Dota menggunakan Steam, yang seharusnya pada hari ini sudah terblokir. Akan tetapi dia juga mengungkapkan adanya kesulitan untuk mengakses Dota.

"Harus empat kali Login, baru bisa masuk," ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (30/7/2022) .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper