East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Tanaku Rp82,3 Miliar

Rahmi Yati
Selasa, 12 Juli 2022 | 13:25 WIB
Logo East Ventures.
Logo East Ventures.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanaku, perusahaan startup di bidang teknologi properti (proptech), memperoleh pendanaan pra-awal sebesar US$5,5 juta atau setara dengan Rp82,3 miliar yang dipimpin oleh East Ventures.

Co-founder & Chief Executive Officer Tanaku Jonathan Ma mengatakan putaran pendanaan ini mencakup ekuitas dan modal utang dari bank internasional terkemuka.

"Modal baru ini akan mempercepat misi Tanaku dalam menghadirkan kepemilikan rumah yang mudah diakses dan mengubah pengalaman membeli rumah secara radikal, dengan fokus saat ini pada membangun produk, memperluas tim, memperoleh rumah, dan melaksanakan strategi go-to-market," katanya, Selasa (12/7/2022).

Jonathan menyebut sejak 2000, kepemilikan rumah di Indonesia terus menurun sebesar 2 persen setiap tahunnya. Sebanyak 70 juta milenial merupakan segmen yang paling terdampak dengan 70 persen dari angka tersebut tidak mampu membeli rumah mereka sendiri.

Masalah tersebut, sambung dia, bermula dari cara pembelian rumah. Banyak milenial tidak memiliki dana atau tabungan yang cukup untuk dijadikan sebagai uang muka awal (DP) dan bank akan menolak mayoritas pengajuan KPR.

Bukan itu saja, menurutnya banyak pengembang properti sering menawarkan paket cicilan, tetapi seringkali ada biaya tersembunyi yang mahal, dengan suku bunga tinggi, serta persyaratan yang sulit dipenuhi.

"Hal ini membuat para milenial frustasi dan beralih ke persewaan properti jangka panjang yang menyebabkan penurunan kepemilikan rumah secara stabil," ucapnya.

Melihat hal tersebut, dia menuturkan bahwa Tanaku bertujuan membangun 'solusi pra-hipotek' untuk memiliki hunian. Meskipun terdapat berbagai startup di bidang proptech di Indonesia, Tanaku akan membangun platform teknologi end-to-end yang unik untuk memfasilitasi pembelian dan transaksi rumah secara online.

Adapun calon pembeli rumah bisa mendapatkan prakualifikasi bersama Tanaku dengan persyaratan yang jauh lebih sederhana daripada bank tradisional. Jonathan menyebut para calon pembeli cukup membayar 2 persen DP dan mereka bisa segera tinggal di rumah baru.

"Pada peluncuran awal, calon pembeli rumah dapat memilih rumah dari daftar properti pilihan Tanaku. Ke depannya, Tanaku akan memfasilitasi pembelian rumah di pasar terbuka dengan berbagai agen mitra di beberapa kota di Indonesia," imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper