Pembagian Set Top Box Gratis, Kemenkominfo: Selesai Agustus 2022

Rahmi Yati
Minggu, 3 Juli 2022 | 13:02 WIB
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. /Kompub ASO-Wienda Parwitasari
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. /Kompub ASO-Wienda Parwitasari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan penyaluran bantuan set top box gratis dapat selesai pada Agustus 2022.

Koordinator Infrastruktur Penyiaran Ditjen PPI Kemenkominfo Indra Siswoyo mengatakan berdasarkan data awal yang diperoleh dari DTKS Kementerian Sosial, setidaknya ada 1 juta unit set top box gratis yang akan dibagikan kepada rumah tangga miskin.

"Saat ini, data yang digunakan adalah dari DTKS Kementerian Sosial. Di tahap pertama sudah dilakukan pendistribusian yang dibantu oleh PT POS Indonesia ke 87.000 rumah tangga miskin," katanya dikutip dari tayangan Youtube Siaran Digital Indonesia, Minggu (3/6/2022).

Indra menyebut selama 2022 ini, total bantuan set top box yang akan dibagikan oleh pemerintah adalah sebanyak 1 juta unit.

Artinya, kata dia, masih ada kurang lebih 900.000 lagi yang belum disalurkan ke rumah tangga miskin calon penerima.

Berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), sambung dia, saat ini Kemenkominfo juga terus memutakhirkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selain data yang diperoleh dari DTKS Kemenkos agar calon penerima betul-betul tepat sasaran.

Dia menuturkan rumah tangga miskin yang akan menerima bantuan set top box gratis ini salah satu syaratnya adalah wilayahnya harus terjangkau siaran TV digital.

"Data dari DTKS akan kita perkaya lagi dengan data yang ada di Kemendagri dan target waktu pemutkahiran ini kami harapkan akhir bulan ini sudah didapatkan sehingga penyaluran set top box yang berasal dari pemerintah dapat segera dilakukan di bulan Agustus," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, program migrasi siaran TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) yang dilakukan pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo beserta penyelenggara multipleksing (mux) telah dimulai sejak 30 April 2022 dan ditargetkan selesai pada 2 November 2022.

Hingga kini, Kemenkominfo masih melakukan verifikasi terkait data penerima bantuan set top box gratis bagi masyarakat yang terdampak migrasi siaran tersebut.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail mengatakan sejauh ini berdasarkan data yang diterima dari DTKS Kemenkos, pemerintah bersama penyelenggara multipleksing (mux) akan menyalurkan bantuan set top box gratis TV digital sebanyak 6,7 juta unit.

"[6,7 juta] Itu data yang kita terima dari Kementerian Sosial. Data itu sedang kami verifikasi oleh pemerintahan desa. Kita dibantu oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri," ujarnya saat ditemui di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper