Alibaba Cloud Luncurkan Platform untuk Hitung Emisi Karbon

Akbar Evandio
Sabtu, 2 Juli 2022 | 08:54 WIB
Ilustrasi emisi karbon dari sebuah pabrik/ Bloomberg
Ilustrasi emisi karbon dari sebuah pabrik/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Alibaba Cloud mengumumkan telah meluncurkan sebuah platform keberlanjutan untuk membantu pelanggan dalam mengukur, menganalisis, dan mengelola emisi karbon dari aktivitas bisnis bernama Energy Expert.

General Manager of Product and Solutions di Alibaba Cloud Chen Lijuan menjelaskan, inisiatif tersebut dilakukan dalam menghemat energi dengan pelanggan dan mitra bisnisnya sehingga dapat mengurangi jejak karbon.

Dia melanjutkan, Energy Expert dirancang untuk membantu perusahaan mencapai tujuan dalam menetralisir karbon mereka melalui teknologi canggih dan solusi yang efisien.

"Kami berharap inovasi Alibaba Cloud yang telah terbukti ini dapat membantu pelanggan global kami untuk mencapai target net zero mereka melalui tindakan yang berwawasan luas dan praktik keberlanjutan yang terinformasi," ujarnya lewat rilisnya, Sabtu (2/7/2022).

Lebih lanjut, dia menjabarkan teknologi itu memungkinkan pelanggan untuk mengidentifikasi sumber emisi karbon mulai dari aktivitas bisnis sehari-hari hingga siklus produk mereka.

Berdasarkan standar PAS 2060 dan ISO 14064 mengenai netralitas karbon. Pelanggan juga dapat mengukur jejak karbon mereka melalui model perhitungan yang telah dibuat sebelumnya dengan memanfaatkan set data faktor emisi publik dan set data milik Energy Expert.

Selain itu, teknologi ini juga memberikan visibilitas ke dalam pola emisi karbon secara real-time dan kemajuan kinerja keberlanjutan melalui visualisasi di dasbor dan laporan daring.

Dia mengatakan, Energy Expert juga menawarkan rencana pengoptimalan yang dapat ditindaklanjuti dengan rekomendasi yang menyeimbangkan pertumbuhan bisnis dan dampak lingkungan.

Hal tersebut juga mencakup peningkatan penggunaan energi bersih, mengurangi konsumsi listrik yang berlebihan selama masa sibuk, dan mengoptimalkan rantai pasokan mulai dari pengadaan bahan hingga pengiriman produk.

Energy Expert juga bekerja dengan organisasi industri yang diakui di seluruh dunia seperti TÜV Rheinland untuk menyediakan akuntansi dan sertifikasi jejak karbon online yang otoritatif, membantu pelanggan dengan mudah memvalidasi dan mengomunikasikan kemajuan penghematan energi mereka kepada para pemangku kepentingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper