Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Benda Langit yang Bisa Dilihat di Siang Bolong

Penasaran benda langit apa saja sih yang bisa dilihat di siang hari, berikut daftarnya
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Juni 2022  |  15:30 WIB
10 Benda Langit yang Bisa Dilihat di Siang Bolong
10 Benda Langit yang Bisa Dilihat di Siang Bolong - ESA

Bisnis.com, JAKARTA - Biasanya orang menganggap benda langit hanya bisa dilihat pada malam hari.

Tapi, nyatanya, ada banyak benda langit yang bisa dilihat di siang hari atau siang bolong lho.

Yang harus Anda perhatikan adalah melihat benda langit di siang hari mungkin lebih sulit karena adanya efek cahaya matahari yang menyilaukan mata.

Penasaran benda langit apa saja sih yang bisa dilihat di siang hari, berikut daftarnya dilansir dari Earth Sky:

1. Matahari

Jelas, Anda melihat matahari di siang hari. Tapi secara paradoks, kita tidak boleh melihatnya, karena pengamatan langsung merusak mata kita. Jadi jangan pernah melihat langsung ke matahari. Menatap matahari secara langsung dapat merusak mata.

Anda dapat menggunakan teleskop yang dilengkapi dengan filter surya yang aman. Sangat mudah dan menyenangkan untuk menghitung jumlah bintik matahari yang Anda lihat dari hari ke hari. Menghitung bintik matahari tidak membutuhkan waktu lama, dan, jika Anda merekam apa yang Anda lihat, Anda akan melihat perubahan besar dari waktu ke waktu.

Matahari memiliki siklus 11 tahun, di mana bintik hitam di permukaan matahari bertambah dan berkurang. Kami berada di fase awal siklus matahari sekarang, dengan bintik matahari yang sering dan beberapa mengesankan. Dan, di tahun-tahun mendatang, jumlah bintik matahari akan terus bertambah hingga siklus matahari mencapai puncaknya.

2. Bulan di siang hari

Mungkin 75% dari masyarakat tidak menyadari bulan terlihat di langit siang hari. Itu tidak sulit untuk dipahami, karena banyak orang saat ini menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam ruangan. Karenanya, mereka tidak terlalu memperhatikan langit.

Selain itu, bulan tidak ada di langit siang hari setiap hari. Seperti matahari, ia berada di bawah cakrawala separuh waktu. Plus, bahkan saat bulan terlihat di siang hari, seringkali bulan sabit tipis dan tidak mudah dilihat. Jadi beberapa orang terkejut melihat bulan di langit siang hari. Tapi voila. Jika Anda sering melihat ke atas, Anda akan sering melihatnya.

3. Planet Venus

Dalam kondisi yang tepat, planet Venus terlihat saat matahari juga berada di langit.

Siapa pun yang melihat Venus di langit yang cukup gelap tahu bahwa itu biasanya sangat cemerlang. Pengamatan di langit siang hari lebih sulit hanya karena langit di sekitarnya sangat cerah di siang hari. Kontras antara planet dan langit jauh lebih rendah pada siang hari, membuat planet lebih sulit untuk dilihat. Venus muncul sebagai titik putih kecil yang sering tampak "muncul" pada Anda di langit siang hari. Ini membantu untuk mengetahui ke mana harus mencari, terutama menempatkannya di dekat bulan atau mengikutinya dari gelap hingga senja.

Pada Juni 2022, Venus dapat ditemukan dengan mudah di arah matahari terbit di langit pagi. Ini sangat cerah, tetapi akan tenggelam lebih rendah setiap hari sampai menghilang dari langit pagi di bulan Oktober. Venus muncul kembali di langit malam pada bulan Desember 2022.

4. Satelit yang mengorbit bumi pada siang hari

Banyak orang terkejut bahwa satelit mudah dilihat, tetapi mereka cukup umum di langit malam yang gelap. Pengamat berpengalaman sering melihat mereka saat malam tiba. Mereka terlihat seperti “bintang” yang bergerak – diam – dan sangat tinggi. Jadi, pada malam hari, sangat mudah untuk melihat satelit. Tapi bagaimana dengan siang hari?

Anda dapat melihat Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada siang hari. ISS terkadang menjadi objek paling terang ketiga yang terlihat di langit, setelah matahari dan bulan. Mengapa hanya kadang-kadang? Posisi dan kecerahan ISS di langit Anda bervariasi, tergantung di mana stasiun luar angkasa berada sehubungan dengan Anda. Selain itu, kecerahan Venus – yang biasanya merupakan objek paling terang ketiga di langit – bervariasi. Terkadang ISS lebih terang dari Venus, dan terkadang Venus lebih terang dari ISS.

5. Planet Yupiter

Bahkan beberapa astronom berpengalaman terkejut mendengar Jupiter yang perkasa terlihat dengan mata telanjang di langit yang diterangi matahari. Sebuah kata peringatan di sini, ini bukan pengamatan yang mudah. Jupiter secara signifikan lebih redup daripada Venus, dan menemukannya membutuhkan sedikit lebih banyak usaha. Belum lagi, ini membantu untuk memiliki penglihatan yang sangat baik dan kondisi atmosfer yang sangat baik.

Waktu terbaik untuk melihat Jupiter di siang hari adalah saat ia berada di dekat "persegi empat". Dengan kata lain, ketika Jupiter berada sekitar 90 derajat dari matahari di langit. Ditambah lagi, langit di sana sedikit lebih gelap, karena fenomena yang dikenal sebagai polarisasi. Ini mirip dengan pengaturan bulan kuartal pertama dan kuartal terakhir. Bahkan, sangat membantu untuk memiliki seperempat bulan di dekatnya, menggunakannya sebagai tengara langit yang memandu Anda ke Jupiter. Misalnya, perhatikan seperempat bulan pada gambar di atas.

Kapan Jupiter di kuadratur berikutnya? Tak lama lagi, itu terjadi pada 29 Juni 2022.

6. Planet Mars

Meskipun hanya sedikit pengamat yang menangkap Jupiter di siang hari dengan mata telanjang, bahkan lebih sedikit yang melihat sekilas Mars. Namun, itu mungkin. Mars mencapai -1,9 magnitudo pada oposisi pada 8 Desember 2022. Waktu terbaik untuk melihat Mars pada siang hari adalah sekitar oposisi yang sangat dekat ketika Mars bersinar terang pada magnitudo -2,9.

7. Bintang saat gerhana

Bintang dan planet yang lebih terang terlihat di langit siang hari dengan mata telanjang. Namun, ini biasanya hanya selama gerhana matahari total. Pengamatan semacam itu memiliki makna sejarah. Dan sebenarnya memainkan peran penting dalam salah satu konfirmasi pertama teori relativitas Einstein.

Beberapa pengamat melaporkan melihat beberapa bintang terang, seperti Sirius, dengan mata telanjang di langit siang hari. Penampakan ini membutuhkan penglihatan yang luar biasa dan kondisi langit yang luar biasa.

8. Komet di siang hari

Seperti meteor yang terkadang membingungkan komet, banyak komet terang telah diamati di langit siang hari. Faktanya, meskipun tidak selalu mudah untuk diamati, mereka tidak terlalu langka. Komet McNaught terlihat di langit siang hari pada tahun 2007, dan komet siang hari yang sangat terang mendahului Komet Halley pada tahun 1910.

Komet siang hari lebih sering diamati karena orbitnya diprediksi sebelumnya dan orang tahu ke mana harus mencari.

9. Meteor siang hari

Meteor yang sangat langka dan tidak dapat diprediksi, terkadang melesat melintasi langit siang hari. Meteor adalah serpihan puing-puing luar angkasa yang menguap saat bertemu dengan atmosfer Bumi. Meskipun terjadi di atmosfer tinggi, mereka disebabkan oleh benda-benda angkasa kecil. Puing-puing luar angkasa ini berasal dari komet atau sabuk asteroid.

Salah satu meteor siang hari yang paling terkenal terjadi di bagian barat Amerika Utara pada tahun 1972. Itu terlihat dan direkam oleh pengamat dari Utah hingga Alberta, Kanada. Meteor siang hari lainnya dilaporkan di California dan Nevada pada 22 April 2012. Meteor ini melesat melintasi langit siang hari, menciptakan ledakan sonik dan jendela berderak. Itu dilihat oleh ribuan orang. Belakangan, para astronom melaporkan meteor itu bermula sebagai asteroid berukuran mini-van. Dan mereka menemukan bidang puing yang berisi pecahan meteorit, yang dikenal sebagai meteorit Sutter's Mill.

10. Supernova siang hari

Terakhir dalam daftar objek luar angkasa kami (kadang-kadang) yang terlihat di langit siang hari adalah supernova, atau bintang yang meledak. Perkiraan bervariasi pada frekuensi ledakan supernova yang diharapkan di galaksi Bima Sakti kita. Mereka berkisar dari sebanyak sekali setiap 20 tahun hingga sekali setiap 300 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

matahari planet Benda Langit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top