Ini 10 Startup Unicorn Indonesia saat Badai PHK Karyawan

Rahmi Yati
Minggu, 19 Juni 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan
  • OVO

Salah satu anak perusahaan Lippo Group yang bergerak di bidang sistem pembayaran digital ini

juga sudah menyandang gelar sebagai unicorn. Pada 2018, OVO mendapatkan investasi dari Tokyo Century sebesar US$120 juta atau sekitar Rp1,7 triliun.

  • Kredivo

Kredivo merupakan startup di bawah naungan PT FinAccel Teknologi Indonesia yang berdiri pada Desember 2015 dan bergerak di bidang jasa peminjaman kredit. Kredivo resmi menjadi unicorn pada pertengahan 2021.

  • Xendit

Xendit turut masuk ke dalam daftar perusahaan rintisan Indonesia dengan status unicorn. Sebelumnya, startup ini telah menerima pendanaan seri C senilai US$150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun.

Fintech ini didirikan oleh Moses Lo pada 2015 dan bergerak di bidang layanan sistem pembayaran untuk mempermudah transaksi pelaku bisnis, di antaranya e-commerce, UMKM, startup hingga perusahaan koperasi.

  • Ajaib

Startup Ajaib merupakan fintech (financial technology atau teknologi finansial) yang berkecimpung di bidang investasi, yaitu reksa dana dan saham.

Setelah menerima suntikan dana Seri B dari DST Global senilai US$153 juta atau Rp2,2 triliun, Ajaib jadi salah satu perusahaan rintisan di Indonesia yang menyandang status unicorn hanya dalam waktu 2,5 tahun saja.

Selain ke-8 startup tersebut, Daily Social juga memasukkan Blibli dan JD.ID dalam daftar untuk melengkapi jumlahnya menjadi 10. Namun, kedua startup tersebut tidak membuka nilai valuasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper