Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masih Pakai 3G? Ini Alasan Kamu Wajib Beralih ke 4G

Samsung Electronics Indonesia mengimbau masyarakat yang masih pakai 3G untuk segera beralih ke jaringan 4G.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 08 Juni 2022  |  18:36 WIB
Masih Pakai 3G? Ini Alasan Kamu Wajib Beralih ke 4G
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G - freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini kualitas jaringan 3G sudah tidak semaksimal 4G. Apalagi, operator-operator di Indonesia juga terus melanjutkan upaya migrasi jaringan ke 4G yang prosesnya ditargetkan selesai pada tahun ini.

Dengan begitu, nantinya masyarakat tak lagi bisa menggunakan 3G dan harus beralih ke layanan 4G dalam waktu dekat. Sayangnya, saat ini masih ada jutaan orang yang sehari-harinya bergantung pada jaringan 3G untuk mengakses internet dari ponsel.

MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi mengatakan rata-rata kecepatan download yang dirasakan pengguna 3G 60 persen lebih rendah dari yang didapat oleh pengguna 4G.

"Selain itu, pengguna smartphone yang hanya bisa terkoneksi dengan jaringan 3G saja hanya memiliki akses terhadap mobile data 82,2 persen dari keseluruhan waktu yang dimiliki, 14,4 persen lebih rendah dari pengguna jaringan 4G," katanya, Rabu (8/6/2022).

Menurutnya, migrasi 3G ke 4G akan memberikan manfaat besar bagi para pengguna smartphone karena kecepatan jaringannya yang lebih tinggi dan lebih stabil, serta bisa memperlancar keseharian penggunanya.

Bukan itu saja, dengan beralih ke 4G, sambung Ricky,

aktivitas browsing, streaming video, sampai download konten juga jadi lebih lancar.

"Komunikasi jadi lebih nyaman dengan berkirim chat yang jadi lebih cepat, video call tanpa putus-putus, hingga menelepon dengan layanan VoLTE yang suaranya lebih jernih," tambah dia.

Tak berhenti di situ, Ricky nenyebut dengan menggunakan jaringan 4G, banyak layanan yang bisa digunakan dengan lebih maksimal, seperti akses media sosial, streaming di platform OTT, belanja online, main game online, hingga menggunakan aplikasi maps.

Memahami banyaknya manfaat tersebut, dia mengajak masyarakat untuk mulai beralih ke perangkat 4G yang terjangkau seperti Galaxy A03 Series. Dengan begitu, pengguna bisa lebih leluasa dalam berkomunikasi maupun menikmati hiburan digital.

"Apalagi ditambah dengan koneksi internet pada jaringan 4G yang lebih lancar, pengguna bisa menonton video, streaming film dan series, hingga main game dengan lebih puas," tutur Ricky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samsung 4g Samsung Electronics
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top