Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luncurkan AirPON, XL Axiata (EXCL) Pakai Pulihan Ribu BTS Nirkabel

XL Axiata (EXCL) merilis situs komersial AirPON pertama di Indonesia pakai puluhan ribu BTS nirkabel.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  17:07 WIB
Luncurkan AirPON, XL Axiata (EXCL) Pakai Pulihan Ribu BTS Nirkabel
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - XL Axiata (EXCL) mengumumkan rampungnya situs komersial AirPON pertama di Indonesia. Solusi ini memanfaatkan puluhan ribu Base Transceiver Station (BTS) nirkabel.

CTO XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan penggunaan ribuan BTS tersebut bertujuan meningkatkan efisiensi konstruksi jaringan FTTH secara signifikan, serta menciptakan sebuah mode konstruksi yang sepenuhnya baru untuk penyebaran jaringan fiber broadband skala besar secara efisien dan berbiaya rendah.

"XL Axiata saat ini telah menyelesaikan konstruksi situs komersial AirPON yang diharapkan dapat mengurangi pekerjaan akuisisi, memangkas biaya konstruksi, serta secara signifikan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan seluruh pekerjaan tersebut," katanya, Senin (6/6/2022).

Gede menyebut, solusi AirPON ini merupakan salah satu inisiatif perusahaan dalam mengatasi berbagai tantangan pembangunan jaringan FTTH skala besar, seperti terbatasnya jumlah equipment room dan jauhnya jarak dari target pengguna.

Selain itu, sambungnya, salah satu tantangan yang umum terjadi adalah banyaknya waktu dan biaya yang diperlukan untuk menggali saluran, menanam kabel, dan menyambungkan fiber.

"Sebagai operator pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi AirPON, kami telah merasakan sendiri kemampuan luar biasa AirPON dalam mendongkrak efisiensi konstruksi jaringan FTTH," ucapnya.

Gede mengeklaim, setelah konstruksi rampung, satu situs AirPON dapat mencakup 1.000 rumah tangga pengguna dan mendongkrak efisiensi konstruksi jaringan FTTH.

Saat ini, imbuh dia, jaringan FTTH XL Axiata telah mencakup lebih dari 700.000 rumah tangga di Indonesia, merangkul 100.000 pengguna fiber broadband rumah tangga, serta menyediakan layanan akses jaringan di sejumlah kota.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam, lanjut Gede, XL Axiata menawarkan lima paket layanan konvergensi. Paket tertinggi menawarkan kecepatan akses fiber broadband sebesar 1 Gbps dan kuota data 300 GB.

"Kini AirPON adalah sebuah solusi bermutu tinggi untuk penyebaran jaringan yang akan membantu XL Axiata mewujudkan cakupan jaringan komunikasi yang lebih luas dengan lebih cepat," tuturnya.

Sebagai informasi, solusi AirPON ini merupakan kerja sama XL Axiata dengan Huawei. Agar dapat menyebarkan OLT Blade dengan cepat, manajemen menggunakan puluhan ribu BTS nirkabel di seluruh negeri.

Dengan begitu, hanya diperlukan waktu 2 jam untuk instalasi dan penyediaan layanan Blade OLT. Selain itu, BTS ini terletak tak jauh dari pengguna akhir, dan tiap BTS mencakup area dengan radius tak lebih dari 1 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata bts xl axiata tbk menara bts
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top