Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal II/2022, Telkomsel Lanjutkan Pemerataan Akses 4G/LTE

Telkomsel melanjutkan pemerataan akses 4G/LTE terutama wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  13:32 WIB
Kuartal II/2022, Telkomsel Lanjutkan Pemerataan Akses 4G/LTE
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel terus melakukan pemerataan akses broadband berteknologi 4G/LTE hingga pelosok negeri pada kuartal II/2022 dan ditargetkan selesai pada akhir tahun.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono melihat pemerataan akses broadband berteknologi 4G/LTE hingga pelosok, terutama wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) juga akan jadi salah satu kunci utama untuk makin menguatkan ekosistem digital di Indonesia.

"Untuk itu Telkomsel berkomitmen menuntaskan proses upgrading layanan 3G ke 4G hingga akhir 2022 ini," katanya, Senin (23/5/2022).

Bukan itu saja, dia menyebut pengembangan cakupan serta perluasan pemanfaatan 5G juga akan terus didorong di 2022 dan seterusnya, terutama dengan makin banyaknya perangkat 5G yang terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat.

Perubahan perilaku masyarakat yang memanfaatkan teknologi digital dan jadi salah satu penunjang utama aktivitas keseharian, sambung Saki, juga menuntut para pelaku bisnis telekomunikasi untuk dapat terus relevan dan mengedepankan prinsip customer centric sebagai upaya nyata memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

"Pelaku bisnis telekomunikasi tidak lagi diharapkan bisa hadir sebagai penyedia konektivitas digital semata, tetapi juga harus mampu berinovasi dalam menghadirkan layanan dan platform digital pendukung yang inklusif dan berkelanjutan," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Telkomsel tengah melakukan proses pemadaman jaringan 3G dan rencana migrasi ke jaringan 4G/LTE pada tahun ini. Proses upgrade atau peningkatan jaringan tersebut telah dimulai pada Maret 2022.

Secara total, Telkomsel akan meningkatkan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir 2022. Proses upgrade jaringan itu akan dilakukan secara berkala.

Adapun untuk tahap awal, proses upgrade jaringan 3G ke 4G LTE Telkomsel dilakukan pada Maret hingga Mei 2022 di 90 kota/kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan.

Sementara upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE pada tahap kedua, dijadwalkan berlangsung pada Juni hingga Juli 2022 di 132 kota/kabupaten. Kemudian untuk tahap ketiga pada Agustus sampai Oktober 2022 di 178 kota/kabupaten, serta terakhir di 104 kota/kabupaten pada November sampai dengan Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel 4g
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top