Ilmuwan Sebut 10 Ribu Virus Potensi Timbulkan Pandemi Seperti Covid-19

Szalma Fatimarahma
Rabu, 4 Mei 2022 | 17:59 WIB
Perubahan iklim/evogreen.co.uk
Perubahan iklim/evogreen.co.uk
Bagikan

1Daerah Padat Penduduk

Studi tersebut menunjukkan bahwa kontak pertama ini sangat mungkin terjadi di daerah yang padat penduduk. Hal itu membuat penduduk yang tinggal di daerah tersebut cenderung lebih rentan untuk terinfeksi karena virus dapat dengan mudahnya menyebar secara global.

Berdasarkan penelitian itu, sejumlah wilayah yang memiliki suhu panas akan lebih berisiko untuk terjangkit virus yang disebabkan oleh hewan, seperti Sahel, Dataran Tinggi Ethiopia, India, China Timur, Indonesia, Filipina, dan beberapa daerah di Eropa.

Dengan melihat sejumlah dampak negatif yang dapat disebabkan oleh perubahan iklim, hal ini telah menyadarkan orang-orang untuk membatasi hal-hal yang mampu memicu perubahan tersebut.

Namun sayangnya, penelitian tersebut juga menyatakan bahwa usaha untuk memperlambat perubahan iklim dapat menyebabkan jumlah penularan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan situasi pemanasan global yang ekstrem.

Hal ini disebabkan perubahan iklim yang lebih ringan dapat membuat spesies mamalia memiliki lebih banyak waktu untuk bermigrasi dan menyebabkan semakin banyaknya pertemuan antara spesies yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper