Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Twitter Circle, Fitur Close Friend saat Ngetweet

Twitter kembali merilis fitur baru yakni Twitter Circle. Kali ini fitur tersebut menawarkan aspek privasi yang lebih dalam kepada penggunanya.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  11:02 WIB
Mengenal Twitter Circle, Fitur Close Friend saat Ngetweet
Logo Twitter. - Bloomberg / Alex Flynn

Bisnis.com, JAKARTA – Fitur baru diperkenalkan oleh Twitter bagi para penggunanya. Fitur itu adalah Twitter Circle yang sepintas mirip dengan mode close friend di Instagram.

Seperti dikutip dari laman resmi Twitter, fitur Twitter Circle adalah cara untuk mengirim Tweet kepada orang-orang tertentu, dan membagikan pendapat di kelompok yang lebih kecil.

Dalam hal ini, pengguna Twitter dapat memilih siapa saja yang ada di Twitter Circle. Nantinya hanya orang-orang yang pengguna pilih untuk dapat melihat, membalas dan berinteraksi dengan Tweet yang pengguna bagikan di Circle. 

Namun demikian, fitur ini masih dalam tahap awal. Twitter mengatakan, hanya sekelompok orang dalam jumlah terbatas di dunia yang dapat membuat Tweet Twitter Circle.

Secara lebih detail, untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna dapat membuka menu Choose Audience ketika mencuit atau menuliskan tweet. Selanjutnya pengguna dapat memilih Twitter Circle.

Dengan demikian, tweet tersebut hanya dapat dilihat dan direspons oleh orang-orang yang telah dipilih. Pemilihan anggota Tweet Circle dapat berdasarkan kedekatan pertemanan atau korelasi topik yang dibahas.

Secara umum, Twitter Circle memberikan pilihan agar tweet pengguna tidak bisa dilihat semua orang, meskipun akun sang pengguna tidak dalam mode privat.

Bedanya, tweet yang disebarkan akun privat hanya bisa dilihat dan direspons oleh pengikutnya. Sementara Twitter Circle menawarkan fitur yang lebih privasi, yakni hanya orang-orang yang dipilih yang bisa melihatnya dan membalasnya. Tweet yang dibagikan menggunakan Twitter Circle juga tidak dapat di-retweet.  

Namun demikian, pengguna tetap harus berhati-hati. Sebab, tweet yang dibagikan menggunakan Twitter Circle tetap dapat dilakukan tangkapan layar atau screenshoot oleh pengguna yang masuk dalam daftar circle. Dengan demikian, penyalahgunaan privasi dengan menyebarkan tangkapan gambar dari tweet melalui Twitter Circle tetap dapat dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

twitter media sosial privasi
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top