Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei Xiaomi: Ponsel Harga Rp2-4 Jadi Pilihan saat Ramadan

Xiaomi mengungkapkan bahwa mayoritas masyarakat memilih Ramadan menjadi waktu untuk melakukan pembaruan (upgrade) ponsel.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 28 April 2022  |  14:42 WIB
Pelanggan mengantre di depan Authorized Mi Store di Roxy Mas, Jakarta pada Minggu (13/5/208). Xiaomi meresmikan pembukaan enam Authorized Mi Store terbaru di Indonesia - Xiaomi
Pelanggan mengantre di depan Authorized Mi Store di Roxy Mas, Jakarta pada Minggu (13/5/208). Xiaomi meresmikan pembukaan enam Authorized Mi Store terbaru di Indonesia - Xiaomi

Bisnis.com, SOLO - Peningkatan jumlah konsumsi belanja masyarakat biasanya terlihat mengalami peningkatan pada bulan Ramadan.

Salah satu pembelian yang memiliki jumlah peningkatan penjualan yakni penjualan ponsel. 

Xiaomi pun melakukan survei konsumen pada Ramadhan 2022 kepada 543 responden dengan rentang usia 20-35 tahun mengenai kapan waktu yang tepat melakukan upgrade ponsel.

Dari survei tersebut ditemukan hasil bahwa 43.1% responden memilih periode bulan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk mengganti smartphone ke tipe yang lebih baru. 

Ada beberapa alasan kenapa masyarakat memilih untuk upgrade smartphone, dimana 51.2% menyatakan smartphone yang dimiliki sudah waktunya diperbaharui, sementara 35.4% responden menyatakan ingin menikmati inovasi teknologi yang lebih baru.

Pada kenyataannya, smartphone memang harus memiliki fitur dan teknologi terkini agar mendukung aktivitas sehari-hari secara maksimal.

Beberapa faktor penting yang harus dimiliki smartphone modern saat ini adalah prosesor yang mumpuni, kamera berkualitas, baterai besar, serta layar Super AMOLED untuk kenyamanan saat digunakan di luar ruangan. 

Ditambah lagi dengan meningkatnya metode pembayaran cashless, salah satu fitur smartphone yang paling banyak dicari adalah NFC atau Near Field Communication, sehingga memungkinkan pengguna untuk bertukar file dengan cepat atau melakukan pembayaran secara cashless.

Hasil survei tersebut juga menunjukkan 51.9% responden ingin mengganti ponsel dengan spek kamera mumpuni untuk mengabadikan momen bersama pada saat hari raya Idul Fitri. 

Hasil ini cukup dominan dibandingkan 13% responden yang ingin menggunakan smartphone baru mereka untuk video call dengan teman atau keluarga, serta 11.9% responden ingin menikmati bermain game menggunakan smartphone baru mereka.

Ponsel Rp2-4 jutaan jadi pilihan 

Dari segi harga, mayoritas responden sebanyak 74.9% memilih smartphone dengan rentang harga 2 juta sampai dengan 4 juta rupiah. 

Hal ini tidak mengherankan, mengingat segmen entry-mid range merupakan segmen terbesar yang menjadi favorit masyarakat. 

Melihat hasil survei ini, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menyampaikan bahwa teknologi smartphone telah berkembang sedemikian pesat dan bukan hanya sekedar perangkat komunikasi saja, namun juga bisa menjadi jawaban bagi mereka yang ingin mengabadikan momen kebersamaan di hari raya. 

"Redmi Note 11 Series merupakan smartphone jawara yang hadir dengan segala keunggulan di setiap aspek mulai dari layar, desain, performa, baterai, kamera, dan fitur pelengkap lainnya. Seri ini adalah pilihan pintar dalam mendapatkan smartphone yang bisa mendampingi segala aktivitas pengguna sehari-hari," ujar Alvin.

Menurutnya, Redmi Note 11 Series memiliki spesifikasi jawara hingga cocok untuk dijadikan pilihan terbaik.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ponsel ponsel pintar survei Ramadan survei konsumen xiaomi
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top