Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Dark Mode pada Smartphone

Rahmi Yati
Minggu, 3 April 2022 | 11:51 WIB
Dark Mode smartphone
Dark Mode smartphone
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir semua smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan pengaturan dark mode atau mode gelap. Pengaturan ini akan membuat warna layar ponsel menjadi lebih gelap dan sangat berbeda dengan tampilan pada mode biasa, terutama pencahayaannya.

Biasanya, mode gelap memberikan tampilan latar belakang berwarna hitam atau abu-abu dengan teks berwarna putih. Namun sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan dari mode gelap bagi pengguna?

Dikutip dari laman Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @Kemenkominfo, Minggu (3/4/2022), berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari pengaturan dark mode tersebut.

Adapun kelebihan dari mengaktifkan mode gelap ini adalah mengurangi ketegangan mata saat melihat layar, lebih hemat energi dan membuat baterai lebih tahan lama, serta blue light yang dipancarkan smartphone akan lebih sedikit.

Sedangkan untuk kekurangannya antara lain, membuat teks jadi sulit dibaca saat berada di tempat terang dan pupil mata akan membesar sehingga ketajaman penglihatan berkurang.

Sementara itu, dilansir dari Forbes, penelitian pada penggunaan mode gelap menunjukkan baterai ponsel mampu bertahan lebih lama, akan tetapi hal ini hanya berlaku bagi ponsel dengan layar OLED atau organic light-emitting didode. Di dalam dioda organik tersebut terdapat lapisan tipis yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.

Pada layar OLED, piksel akan mati jika layar menampilkan warna hitam. Dengan begitu, ketika pengguna mengaktifkan mode gelap, maka sebagian besar piksel di layar akan mati sehingga lebih hemat baterai.

Meski dianggap memberikan kenyamanan pada mata pengguna, ternyata tak semua orang merasa nyaman menggunakan mode gelap tersebut. Penelitian menunjukkan, mode gelap tidak cocok bagi mereka yang perlu membaca cepat, mengoreksi tulisan, atau memiliki mata silinder.

Penelitian dari University of British Columbia menunjukkan bahwa mode gelap ternyata cukup menyulitkan bagi orang yang memiliki astigmatisme atau mata silinder.

Dikatakan bahwa orang dengan mata silinder biasanya sulit mendeteksi garis lurus, kesulitan membedakan warna, pandangan kabur, atau mata yang sensitif terhadap cahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper