Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

DANA Kenalkan 4 Produk dan Layanan Terbaru, Salah Satunya Pembayaran STNK

Adapun empat layanan dan produk terbaru yang akan hadir dalam aplikasi Dana adalah sebagai berikut.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 26 Maret 2022  |  09:14 WIB
DANA Kenalkan 4 Produk dan Layanan Terbaru, Salah Satunya Pembayaran STNK
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan rintisan dompet digital Dana resmi merilis produk terbarunya. Pengenalan produk dan layanan tersebut tersebut bertepatan dengan ulang tahun yang ke-4.

Chief of Product Dana Indonesia Rangga Wiseno menyebut, selama empat tahun kehadirannya, pengguna Dana telah mencapai lebih dari 100 juta penguna, dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, dan 5.000 online merchant, termasuk lebih dari 500.000 UMKM yang memanfaatkan Dana Bisnis.

“Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital," ujarnya dalam rilis, Jumat (25/3/2022).

Adapun empat layanan dan produk terbaru yang akan hadir dalam aplikasi Dana adalah sebagai berikut:

1. Dana Pay

Lewat pembaruan yang dilakukan, aplikasi Dana kini memiliki kemampuan mengombinasikan metode pembayaran (melalui saldo Dana, kartu debit maupun kredit) manakala saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

Berkat pembaruan ini, Dana memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis.

2. Rapor Dana

Dana mengklaim, guna menjembatani kesenjangan yang masih terjadi antara literasi (38,03 persen) dan inklusi keuangan (76,19 persen) sebagaimana data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, perusahaan akan menghadirkan fitur baru, yaitu Rapor Dana.

Fitur baru ini ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Dengan Rapor Dana, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, lalu pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Lewat serangkaian pertanyaan tersebut, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dana StartUp fintech
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top