Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Layanan Data Telkomsel Naik 96 Persen saat MotoGP Mandalika

Telkomsel mencatat layanan data naik 96 persen saat MotoGP Mandalika 2022.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  13:02 WIB
Hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika menjelang race MotoGP Mandalika 2022 pada Minggu (20 Maret 2022) - Bisnis - Arnis Wigati
Hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika menjelang race MotoGP Mandalika 2022 pada Minggu (20 Maret 2022) - Bisnis - Arnis Wigati

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel mencatat total payload traffic komunikasi layanan broadband secara keseluruhan mencapai lebih dari 297 TB (Terabyte) atau melonjak hingga 96 persen dibanding hari biasa saat pergelaran MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan khusus untuk layanan data jaringan 5G Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan payload traffic mencapai lebih dari 7.815 persen.

“Telkomsel telah melakukan upaya optimalisasi jaringan broadband terdepan melalui penguatan 382 unit BTS 4G/LTE termasuk tambahan 16 unit BTS 5G, untuk mengawal lonjakan layanan data selama perhelatan MotoGP 2022 berlangsung di Mandalika," katanya, Rabu (23/3/2022).

Nugroho mengapresiasi seluruh dukungan para pemangku kepentingan terutama masyarakat NTB, sehingga Telkomsel dapat memberikan layanan telekomunikasi. Kehadiran layanan telekomunikasi tersebut sekaligus membangkitkan potensi ekonomi dan pariwisata lokal melalui pemanfaatan teknologi.

Adapun, untuk di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, tempat berlangsungnya MotoGP 2022, Telkomsel juga mencatat terjadi lonjakan kunjungan pelanggan dari berbagai daerah mencapai lebih dari 27 persen.

Sementara itu, kunjungan pelanggan Telkomsel dari berbagai wilayah ke Lombok, secara keseluruhan meningkat hingga 11 persen, dengan total mencapai lebih dari 76.000 pengunjung dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Menurut dia, pertumbuhan tersebut turut didukung dengan tingginya minat wisatawan mancanegara yang menggunakan layanan kartu Telkomsel Prabayar Tourist dan turut mendorong tumbuhnya pengguna layanan 4G/LTE Telkomsel mencapai lebih dari 123 persen dan layanan 5G Telkomsel hingga 3.900 persen.

Nugroho memerinci, selama event MotoGP 2022 di Mandalika, sebanyak lebih dari 30.000 wisatawan mancanegara memanfaatkan layanan roaming dari Telkomsel. Mereka terdiri dari para wisatawan, pebalap, kru tim balap, dan panitia acara yang didominasi dari negara Hongkong, Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, dan Malaysia.

“Telkomsel memastikan seluruh penguatan infrastruktur dan teknologi jaringan yang telah dihadirkan di Mandalika selama MotoGP 2022, akan terus dilanjutkan dan semakin diperkuat, terutama di seluruh wilayah NTB," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel MotoGP Mandalika
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top