Kampus UMKM Shopee Dorong Perluasan Pasar Pelaku Usaha Medan

Ahmad Thovan Sugandi
Minggu, 20 Maret 2022 | 15:16 WIB
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bersama dengan Pemerintah Kota Medan, Shopee meresmikan Kampus UMKM Shopee ke-6 di Indonesia dan pertama di Pulau Sumatra yang berlokasi di Jalan Bambu 2, Kelurahan Durian, Medan Timur, Kota Medan.

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution yang turut bergabung dalam peresmian tersebut percaya, Kampus UMKM Shopee Medan dapat memberikan solusi komprehensif dari hulu ke hilir untuk perkembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

“Saat ini pelaku UMKM di Kota Medan membutuhkan perhatian khusus, tentang bagaimana produk mereka bisa diketahui masyarakat dan konsumen dengan lebih memperhatikan packaging dan promosi, yang selama ini belum pernah dilakukan dan didapatkan ilmunya oleh mereka," ujar Bobby yang dikutip dalam siaran pers Shopee, Minggu (20/3/2022).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto pun menegaskan bahwa memang Kampus UMKM Shopee bertujuan mendorong para pelaku UMKM di Medan dan sekitarnya, melalui sosialisasi, edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk dapat menghadapi tantangan di era digital saat ini.

"Secara jangka panjang, dengan kehadiran Kampus UMKM Shopee diharapkan para pelaku UMKM lebih memahami dan merasakan manfaat dari digitalisasi dan akhirnya dapat mengembangkan bisnis mereka secara optimal melalui ekosistem digital bersama kami," ujar Christin.

Adapun fasilitas dan layanan gratis yang dapat dimanfaatkan untuk pelatihan dan pendampingan para UMKM lokal di antaranya:

1. Edukasi bagi UMKM: Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri mengikuti berbagai kelas yang diberikan oleh pelatih Shopee, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalisasi sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee, seperti Shopee Pinjam.

2. Pendampingan bisnis bagi UMKM: Pelatih Shopee disediakan sebagai perpanjangan tangan dari para pelaku UMKM dalam pendampingan bisnis terkait edukasi dan pelatihan mengenai administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis. Para pelaku UMKM akan dibimbing agar secara efektif mengurus pembukuan yang sudah terdigitalisasi di aplikasi Shopee.

3. Studio foto dan live streaming: Guna menunjang bisnis pelaku UMKM, Shopee menghadirkan fasilitas pendukung, seperti ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan live streaming, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper