Mulai Hari Ini, XL Axiata (EXCL) Gratiskan Jaringan 5G di Mandalika!

Rahmi Yati
Jumat, 18 Maret 2022 | 11:57 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mulai hari ini, 18 Maret 2022, layanan data dan internet super cepat dari XL Axiata sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengaku telah siap sepenuhnya menghadirkan layanan 5G guna mensukseskan gelaran balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022.

Menurutnya, berbagai persiapan di lapangan telah tuntas, dan per hari ini, layanan data dan internet super cepat tersebut sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G.

"Layanan 5G dari XL Axiata ini akan bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis," kata I Gede dalam siaran pers, Jumat (18/3/2022).

Dia menuturkan, secara umum, upaya XL Axiata dalam menggelar jaringan 5G di Mandalika dikemas dalam dua tujuan, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase.

Untuk 5G Experience, pita frekuensi yang digunakan adalah 3.5 MHz di sejumlah titik akses 5G telah disiapkan di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.

Serangkaian uji coba 5G XL Axiata yang telah dilaksanakan dengan spektrum 3.5GHz, sambung dia, juga menunjukkan hasil memuaskan.

"Dengan begitu, saat ini jaringan 5G XL Axiata telah siap sepenuhnya mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika, sekaligus mengenalkan layanan akses data dan internet super cepat ini kepada masyarakat, termasuk para tamu asing yang hadir di event internasional ini," ucap dia.

Lebih lanjut I Gede menilai, momentum ini juga sekaligus menjadi sarana yang sangat bagus bagi perusahaan untuk menambah jam terbang dalam mengelola jaringan 5G.

Dia menambahkan, untuk dapat menikmati layanan 5G Experience XL Axiata, pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM.

Sementara melalui penggelaran 5G ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang dapat menghadirkan beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G di antaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

"Sementara itu untuk keperluan 5G Showcase, XL Axiata akan menghadirkan beberapa layanan demo atau use case menggunakan pita frekuensi 26 GHz, antara lain 5G immersive games and experience seperti MotoGP AR Game, 360 Degree Real-time Security Surveillance, dan 5G 8K Entertainment," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper