Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi! Rukita Akuisisi Infokost.id, Segera Tawarkan 1 Juta Kamar

Rukita resmi mengakuisisi Infokost.id yang akan menawarkan lebih dari satu juta kamar dalam listing properti infokost.id serta melayani 50.000 pemilik indekos.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 14 Maret 2022  |  13:49 WIB
Resmi! Rukita Akuisisi Infokost.id, Segera Tawarkan 1 Juta Kamar
Tampilan di situs Infokost sebelum diakuisisi Rukita. - Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rukita, perusahaan penyedia sewa hunian jangka panjang, menghadirkan kembali Infokost.id ke masyarakat sejak Februari 2022. Infokost.id merupakan situs pencarian indekos pertama di Indonesia yang hadir pada 2011.

Sebelumnya Infokost.id sempat berada di bawah naungan GDP Venture, yakni perusahaan pembiayaan Group Djarum, yang akhirnya secara resmi mengumumkan penutupan dan pemberhentian operasional Infokost.id pada 31 Desember 2020.

Kini, Infokost.id secara resmi telah diambil alih oleh Rukita dan dihidupkan kembali dengan beberapa perubahan penampilan pada websitenya. Infokost.id diklaim siap menawarkan lebih dari satu juta kamar dalam listing properti infokost.id serta melayani 50.000 pemilik indekos.

Co-Founder dan Chief Technology Officer Rukita Xu-Zonne Ho menyebut, dengan akuisisi itu perusahaannya dapat melayani lebih banyak lagi konsumen dan pemilik properti di seluruh Indonesia melalui Infokost.id.

"Ini merupakan satu dari serangkaian perluasan bisnis yang dilakukan Rukita pada 2022," ujarnya, Senin (14/3/2022).

Xu menjelaskan, saat ini kemudahan, kenyamanan, dan keamanan menjadi faktor utama para generasi muda dalam menentukan pilihan saat melakukan pencarian indekos. Merespon hal tersebut, Rukita berencana menambah sejumlah layanan dan fitur-fitur yang tersedia.

Menurut Xu, para konsumen yang ingin mencari kost dapat masuk ke laman infokost.id dan melakukan registrasi dengan menggunakan nomor handphone.

Kemudian, dia memaparkan, konsumen dapat melakukan pencarian dan melakukan booking di properti yang berada di daftar Infokost Verified dengan mengisi form. Setelah itu akan langsung terhubung ke tim Infokost.id yang akan meneruskan request tersebut kepada pemilik properti.

“Ke depannya, kami akan terus melakukan pengembangan inovasi dan fitur terbaru di Infokost.id untuk segera menghadirkan nya ke masyarakat, sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para konsumen dan pemilik kost,” ujarnya.

Xu mengatakan, dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun, Rukita memiliki total 13 juta website users sejak peluncuran pertamanya di pertengahan 2019. Diawali oleh layanan properti manajemen melalui Brand Rukita, kemudian menambah perluasan layanannya melalui RuOptions, layanan marketing properti.

Menurut Xu, serangkaian inovasi melalui Aplikasi Rukita, Aplikasi Rumanage, Rukita Mods, dan inovasi lainnya, telah diluncurkan di 2021 lalu.

Sementara itu, tahun ini Rukita memperkuat listing propertinya melalui tambahan layanan lewat akuisisi Infokost.id. Perusahaan yang semula berfokus kepada Coliving tersebut kini beralih menegaskan posisinya sebagai Penyedia Sewa Hunian Jangka Panjang, lewat rencana akuisisi dan ekspansi besar-besaran yang dilakukan di sepanjang tahun 2022 ini.

Rukita sebelumnya berhasil menarik investor dengan tergabung dalam Surge (Program percepatan dari Sequoia Capital India). Program ini diikuti 20 perusahaan startup (salah satunya Rukita) dengan total pendanaan US$60 juta dari Surge dan para co-investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp rumah kos
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top