Cara Tokopedia dan Grab Genjot Produktivitas Mitra

Ahmad Thovan Sugandi
Jumat, 11 Maret 2022 | 12:11 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat logo Tokopedia di Jakarta, Selasa (28/1). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan beraktivitas di dekat logo Tokopedia di Jakarta, Selasa (28/1). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia dan Grab fokus mengembangkan teknologi untuk menambah konsumen, meningkatkan penghasilan mitra dan perluasan pasar.

Chief Technology Officer of Tokopedia Hermawan Widjaja menyebut, perusahaannya selalu ingin fokus dan mengutamakan konsumen dalam tiap langkah.

"Menurut saya, dalam membangun perusahaan, sangat penting untuk dapat memahami siapa pelanggan kita," ujarnya dalam IT Infrastructure Summit 2022 yang diadakan CTI Group, Kamis (10/3/2022).

Dia menjelaskan, dalam membangun teknologi Tokopedia berfokus pada pengembangan fitur yang mampu meningkatkan produktivitas para mitra. Dengan itu, tim teknologi di perusahannya dapat membantu peningkatan penghasilan Tokopedia.

Menurutnya pengembangan teknologi Tokopedia juga didasarkan pada inovasi dan kebutuhan pasar atau bisnis. "Jadi di satu sisi kami mengembangkan teknologi berdasarkan inovasi baru, di satu sisi kami kembangkan berdasarkan kebutuhan pasar," jelasnya.

Senada dengan itu, Director of Grab for Business Grab Indonesia Roy Nugroho menyebut, perusahannya berusaha mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui layanan berbasis teknologi.

"Kami ingin memberdayakan para mita pengemudi dan UMKM kami, termasuk melibatkan sekitar 7 juta pelanggan kami," ujarnya di kesempatan yang sama.

Dia menjelaskan, saat ini teknologi Grab difokuskan untuk menciptakan pasar yang lebih luas untuk para mitranya. Dengan itu diharapkan para mitra dapat menuai penghasilan yang lebih baik.

Perluasan pasar tersebut dilakukan dengan kolaborasi bersama pemerintah terkait dan melakukan digitalisasi UMKM. Makin banyak UMKM yang masuk ke ekosistem digital, maka layanan lain dari Grab dapat turut terdampak, misalnya Grabfood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper