Youtap Rilis Fitur Baru, Permudah UMKM Belanja Stok Barang

Ahmad Thovan Sugandi
Rabu, 23 Februari 2022 | 08:46 WIB
Pedagang menggunakan aplikasi Youtab./istimewa
Pedagang menggunakan aplikasi Youtab./istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Youtap Indonesia merilis fitur Belanja Stok untuk mempermudah para pelaku usaha UMKM dalam membeli pasokan barang dari mitra supplier.

CEO Youtap Indonesia Herman Suharto secara konsisten membangun ekosistem digital bagi pelaku usaha. Youtap kini dapat menghubungkan para mitra skala kecil hingga besar dengan hadirnya Belanja Stok.

"Selain membantu pelaku UMKM untuk membuka ladang bisnis baru dalam mengembangkan usahanya, kami juga memfasilitasi penjualan produk-produk dari mitra supplier melalui para merchant UMKM kami yang kini sudah tersebar di 510 kota," ujarnya dalam rilis, Selasa (22/2/2022).

Herman mengatakan, dengan bergabungnya pelaku usaha ke ekosistem Youtap, maka mereka dapat terhubung ke lebih dari 250.000 merchant lainnya lewat paket jualan yang dihadirkan. Diharapkan ke depannya, mitra serta merchant bisa meningkatkan bisnisnya untuk terus tumbuh dan semakin besar.

Menurutnya, berdasarkan laporan dari LPEM FEB UI yang berjudul Impact of Covid-19 Pandemic on MSMEs in Indonesia, adanya pembatasan kegiatan membuat UMKM mengalami kendala lebih besar dibandingkan skala usaha lain dalam mendapatkan bahan baku untuk barang yang dijual. Akhirnya kendala tersebut berakibat adanya kenaikan harga bahan baku.

Keadaan tersebut, dia melanjutkan, dirasakan oleh mayoritas pelaku usaha, yakni sebesar 75 persen. Lewat kehadiran fitur Belanja Stok, diharapkan Youtap bisa terus membuka rantai pasok baru yang mudah dan saling memberdayakan antar pelaku usaha.

"Saat ini kami sudah memiliki Mitra besar seperti Sosro dan JAPFA yang telah bergabung di dalam perkembangan ekosistem Belanja Stok Youtap," ujarnya.

Melalui Belanja Stok, Herman menjelaskan, pelaku usaha tidak perlu lagi keluar rumah maupun menutup tokonya dalam berbelanja kebutuhan barang usaha. Pelaku usaha dapat menghemat waktu belanja dan menyederhanakan proses pengelolaan usahanya secara efisien hanya melalui portal usaha.

Selain itu, pelaku usaha bisa memilih untuk menyetok barang secara berlangganan agar bisa diantar setiap satu kali dalam seminggu. Harga yang ditawarkan dalam portal Belanja Stok pun diklaim terjangkau.

Terlebih lagi, dengan penggunaan Belanja Stok dari Youtap, pelaku usaha dapat sekaligus melakukan pencatatan transaksi belanjanya, sehingga riwayat belanja barang pun dapat terekap secara lengkap dan rapi.

Nantinya, para pelaku usaha bisa pesan stok dengan mudah dan langsung di antar ke lokasi. Pengiriman barang Belanja Stok juga akan dilakukan setiap hari dan langsung dari pabriknya, sehingga pelaku usaha tidak perlu ragu lagi dengan kualitas barang yang disediakan.

"Jika areanya terlalu jauh, pelanggan nantinya akan mendapat notifikasi ketika area delivery di luar jangkauan supplier," ujar Herman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper