VIDA Gandeng DocuSign, Hadirkan Tanda Tangan Elektronik Legal

Ahmad Thovan Sugandi
Jumat, 18 Februari 2022 | 22:15 WIB
Ilustrasi tanda tangan digital/ Dok. Istimewa
Ilustrasi tanda tangan digital/ Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indonesia Digital Identity (VIDA), Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) meggandeng DocuSign untuk meningkatkan kekuatan hukum penggunaan tanda tangan elektronik di Indonesia.

Group CEO dan Founder VIDA Niki Luhur menyebut, DocuSign telah membantu banyak entitas bisnis mengelola berbagai dokumen perjanjian. Namun, selain manfaat yang luas dari sisi produktivitas dan otomatisasi, kepastian hukum juga adalah elemen dasar yang sangat penting.

"Kemitraan DocuSign dan kami akan memperkuat kepastian hukum tanda tangan elektronik pengguna DocuSign di Indonesia. Dokumen yang ditandatangani oleh produk tersebut akan memiliki nilai yang sama dengan tanda tangan basah di mata hukum Indonesia," ujarnya dalam rilis, Kamis (17/2/2022).

Co-Founder dan CEO VIDA Sati Rasuanto menyebut sertifikat elektronik yang diterbitkan VIDA menjamin perlindungan data dan privasi penggunanya hingga meningkatkan kekuatan pembuktian hukum dari penggunaan tanda tangan elektronik DocuSign di Indonesia.

Sati mengatakan, VIDA telah melewati proses audit dan akreditasi secara global yang mendalam, termasuk sertifikat ISO 27001 untuk standar keamanan manajemen informasi. Dengan integrasi produk DocuSign dan VIDA, pengguna DocuSign eSignature di Indonesia akan mendapatkan keuntungan secara langsung dengan tanda tangan elektronik DocuSign akan dilengkapi dengan sertifikat elektronik untuk otentikasi identitas.

Proses tersebut menurut Sati sejalan dengan standar industri yang menggunakan global best practices dalam pemrosesan dan penyimpanan data. Dengan end-to-end encryption bagi seluruh transmisi data, kerahasiaan data pengguna dapat dijaga dan hanya digunakan sesuai kebutuhan penggunanya.

"Untuk mencegah penyalahgunaan identitas, verifikasi identitas online kami dilengkapi dengan verifikasi biometrik dengan liveness detection yang mengacu pada database identitas nasional resmi," ujarnya.

Group Vice President and General Manager of DocuSign Asia-Pacific Dan Bognar menyebut, perusahaannya sangat senang dapat mengumumkan kemitraan baru di Indonesia dengan VIDA. “Melalui kemitraan ini, kami harap seluruh produk DocuSign Agreement Cloud dapat menjangkau lebih banyak pengguna di Indonesia dan membantu mereka mempercepat proses kontrak dan meningkatkan efisiensi dalam skala besar," kata Bognar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper