Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pentingnya Menjaga Keamanan Informasi dalam Transformas Digital

Sebagai implementor Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang telah terdaftar di Badan Siber dan Sandi Negara, Veda Praxis mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk dapat mengambil kesempatan dalam transformasi digital ini.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 05 Februari 2022  |  20:05 WIB
Pentingnya Menjaga Keamanan Informasi dalam Transformas Digital
Pentingnya Menjaga Keamanan Informasi dalam Transformas Digital

Bisnis.com, JAKARTA - Transformasi digital terjadi pada berbagai sektor di seluruh belahan dunia selama masa pandemi.

Sebagai implementor Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang telah terdaftar di Badan Siber dan Sandi Negara, Veda Praxis mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk dapat mengambil kesempatan dalam transformasi digital ini.

Veda Praxis memandang bahwa kesadaran akan pentingnya keamanan informasi ini harus ditanamkan terlebih dahulu pada berbagai pihak, agar kita semua kemudian dapat bergerak secara bersama-sama, berkolaborasi dalam transformasi digital ini.

Dalam rangka ikut berpartisipasi pada International ISO/IEC 27001 Day, Veda Praxis mengadakan webinar dengan tema “Mengamankan Indonesia dengan SNI ISO/IEC 27001” untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Sistem Manajemen Keamanan Informasi kepada berbagai pihak di Indonesia.

Webinar yang merupakan bagian dari kegiatan “Beyond Compliance Series” ini akan menghadirkan diskusi panel oleh para pakar dan praktisi di bidang Keamanan Informasi.

Pada diskusi panel ini Kristianto Widiwardono dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) memaparkan tentang Ekosistem Standardisasi di Indonesia, khususnya terkait SNI ISOIEC 2001.

"Standar adalah sesuatu yang dibakukan, berdasarkan konsensus semua pihak dengan memperhatikan pengalaman, serta perkembangan masa kini dan masa depan untuk memperoleh manfaat yang sebesar besarnya. Seri SNI ISO/IEC 27000 merupakan adopsi dari ISO/IEC 27000 series, hasil elaborasi dan konsensus dari para pakar kemanan informasi dari berbagai negara. Standar ini memberikan acuan bagi organsiasi untuk menerapkan sistem manajemen keamanan informasi," papar Kristianto.

Pinuji Prasetyaningtyas dari Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) juga mengingatkan bahwa Norma, Standar, Proseur dan Kriteria atau NSPK harus dikelola dengan seksama.

Dari Veda Praxis, Chandra Yulistia, yang juga menjabat sebagai Dewan Pengurus IASII, memaparkan perkembangan terkini dari standar seri 27000 yang beliau ikuti selaku pakar yang mewakili Indonesia dalam ISO/IEC JTC1/SC27. “Standar Seri 27000 telah dan akan terus berevolusi, dimana tidak hanya mencakup Keamanan Informasi namun juga Keamanan Siber dan Perlindungan Privasi” papar beliau.

Sementara itu, Syahraki Syahrir sebagai Chief Advisory & Partner Veda Praxis memaparkan pembelajaran dari pengalaman beliau dalam penerapan SNI ISO/IEC 27001 pada berbagai organisasi di Indonesia.

"Digitalisasi di Indonesia harus dapat diiringi dengan literasi keamanan informasi di masyarakat dan juga peningkatan pengelolaan aset yang dilakukan oleh perusahaan dan pengaturan yang dibuat oleh regulator terkait keamanan informasi. ISO 27001 sebaiknya dijadikan acuan dalam rangka meningkatkan pengelolaan keamanan informasi di Indonesia, agar tercipta Indonesia Digital yang aman dan andal untuk semua pihak."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi informasi
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top