Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa? Ini Penyebabnya

Newswire
Sabtu, 5 Februari 2022 | 10:45 WIB
Ilustrasi dampak gempa/pixabay.com
Ilustrasi dampak gempa/pixabay.com
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Indonesia adalah salah satu negara yang kerap mengalami gempa bumi. Dikutip dari laman BMKG, terhitung sejak awal Januari 2022 ini, tercatat 21 gempa dengan magnitudo di atas 5.

Nah, lalu apa penyebab sering terjadinya gempa ini?

Melansir dari gov.uk, Indonesia sering terjadi gempa karena terletak di sepanjang jalur seismik bergejolak yang disebut Cincin Api Pasifik. Hal itu menjadi alasan mengapa gempa bumi hingga letusan gunung berapi terjadi secara teratur, yang dapat menghadirkan potensi ancaman tsunami.

Sementara, dikutip dari weforum.org, adanya aktivitas gunung berapi aktif juga diketahui karena tepat di Cincin Api Pasifik berada di tataran lempeng tektonik.

Lempeng tektonik ini disebut juga sebagai mantel bumi yang karakteristiknya atas lapisan batuan yang sebagian padat dan sebagian cair.

Secara geografis, empat lempeng tektonik mengelilingi Indonesia, yakni lempeng Benua Asia, Benua Australia, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik. Pergerakan lempeng bumi lambat, namun mantel bumi selalu bergerak.

Nah, ketika bertabrakan atau terpisah antarlempeng, maka muncullah gelombang tektonik atau disebut gempa tektonik.

Apabila gempa tektonik terjadi di samudra, interaksi antarlempeng memicu timbulnya gelombang pasang. Dilansir dari bnpb.go.id, tsunami yang terjadi di Indonesia sebagian besar disebabkan gempa-gempa tektonik di sepanjang daerah subduksi dan daerah seismik aktif lainnya.

Dikutip dari laman weforum.org, beberapa akibat dari adanya gempa tektonik yang terjadi di wilayah subinduksi adalah gempa bumi berkekuatan magnitudo 9,1 di lepas pantai barat Sumatera yang menyebabkan tsunami di Samudra Hindia pada 2004 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper