Punya 1 Juta Mitra, GoFood Siap Bersaing

Ahmad Thovan Sugandi
Senin, 31 Januari 2022 | 20:58 WIB
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – GoFood, salah satu layanan milik Gojek (PT Aplikasi Karya Anak Bangsa) mengeklaim telah memiliki sekitar 1 juta mitra yang 99 persen merupakan UMKM lokal.

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek Rosel Lavina menyebut sebagai salah satu pemimpin pasar layanan online food delivery (OFD), GoFood terus berinovasi untuk memastikan tetap memberikan layanan yang relevan bagi pelanggan.

"Saat ini, fokus kami di GoFood adalah untuk terus menghadirkan pengalaman kuliner yang menyenangkan, mulai dari menjelajah menu di aplikasi hingga pesanan sampai di tangan pelanggan. Kami juga terus berkomitmen mendukung usaha mitra UMKM lokal agar dapat bertumbuh," ujarnya, Senin (31/1/2022).

Dari sisi pelanggan, menurutnya, GoFood menciptakan teknologi personalisasi data yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan rekomendasi kuliner dari mitra UMKM yang berada di sekitar lokasi pelanggan, sesuai dengan preferensi mereka.

Pendekatan ini juga diklaim Gojek memberikan mitra UMKM akses yang makin luas kepada pelanggan sehingga meningkatkan peluang pendapatan mereka.

Selain fokus GoFood saat ini terhadap eksposur mitra UMKM lokal, Rosel menjelaskan, perusahaannya melihat ada beberapa inovasi GoFood yang juga digemari masyarakat, diantaranya fitur GoFood PLUS dan Order Sekaligus yang diklaim membuat pelanggan makin setia dan mengandalkan GoFood selama 2021.

Rosel mengatakan fitur GoFood PLUS menjadi andalan pelanggan dengan kenaikan jumlah pelanggan GoFood PLUS hampir lima kali lipat dari Januari - Juni 2021, berdasarkan data internal Gojek.

Sementara fitur Order Sekaligus memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi. Hingga kini, sudah ada 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

"Menurut data internal kami, ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat delapan kali lipat sejak diperkenalkan pada September 2020," ujarnya.

Menurut Rosel, GoFood terus tumbuh sebagai andalan pelanggan, riset independen Deka Insight x Foodizz pada 2021 menunjukkan, dari 748 responden, GoFood menjadi platform yang paling banyak digunakan pelanggan di lima kota besar Indonesia (Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, dan Makassar) dibandingkan merek online food delivery lainnya.

Selain inovasi untuk konsumen, Rosel mengatakan, GoFood juga memiliki berbagai inisiatif untuk membantu mitra UMKM di ekosistem untuk tetap tumbuh dan bangkit di tengah pandemi. 

"Dukungan yang kami berikan diapresiasi dan dioptimalkan dengan baik oleh mitra UMKM kuliner sehingga GoFood bisa terus tumbuh menjadi layanan pesan antar makanan andalan masyarakat dengan 1 juta mitra di seluruh Indonesia, dengan 99 persen diantaranya merupakan mitra UMKM," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper