Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkominfo: MotoGP Mandalika Bisa Dorong Perekonomian Indonesia

Menkominfo Johnny G. Plate menilai gelaran MotoGP Mandalika bisa mendorong perekonomian Indonesia.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 21 Januari 2022  |  20:09 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan penggelaran MotoGP Mandalika 2022 akan mendorong pertumbuhan perekonomian di Nusa Tenggara Barat dan Indonesia.

Dia menuturkan setelah World Superbike (WSBK) digelar pada November 2021, terjadi peningkatan perekonomian di Lombok Tengah dan sekitar kawasan Mandalika. Peningkatan perekonomian setelah WSBK digelar mencapai 20-25 persen.

Johnny memperkirakan dengan ajang MotoGP peningkatan perekonomian akan lebih besar lagi. “Minimal tiga sampai empat kali dibanding WSBK,” kata Johnny dalam konferensi virtual, Jumat (21/1/2022).

Dari jumlah UMKM dan lapangan kerja, kata Johnny, hampir 11.000 lapangan kerja akan tercipta di berbagai sektor.

Dia mengatakan ajang MotoGP merupakan momen kebangkitan ekonomi bukan hanya di lini pariwisata, juga di berbagai lini seperti di lini perhubungan, dan perdagangan.

Johnny menurkan dalam perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika, Kemenkominfo akan mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi terbaik.

Selain layanan 4G yang akan menjadi tulang punggung telekomunikasi di Mandalika, Kemenkominfo juga mempersiapkan jaringan 5G. Kemenkominfo akan menyiapkan spektrum frekuensi tambahan di pita gelombang milimeter 26 GHz - 28 GHz.

“Kami menyiapkan spektrum tambahan agar penyelenggaraan MotoGP dari sisi infrastruktur telekomunikasi terjaga dengan baik,” kata Johnny.

Johnny mengatakan akan ada 110.000 pengunjung saat penggelaran MotoGP dilakukan. Artinya, lalu lintas data pada saat itu sangat tinggi. Pemerintah harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar layanan internet saat penggelaran MotoGP optimal.

Kemenkominfo memperkirakan rata-rata penggunaan internet di ajang MotoGP sekitar 2 - 3 Mbps. Pemerintah menyiapkan kapasitas untuk mendukung layanan komunikasi data hingga di atas 10 Mbps.

“Pada saat perlombaan itu akan sangat dibutuhkan. Jaringan 4G dan 5G akan tersedia di area-area masif seperti area media, area akomodasi, keamanan, dan lain sebagainya,” kata Johnny.

Sekadar informasi, Ajang balap motor MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit rencananya dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022. Pemerintah terus menyiapkan sejumlah hal untuk menyukseskan acara tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MotoGP kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top