Adopsi Teknologi untuk Pendidikan

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 24 Desember 2021 | 19:18 WIB
Anak belajar di rumah
Anak belajar di rumah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa pandemi yang membatasi kegiatan tatap muka turut mempengaruhi proses belajar dan mengajar di sekolah. Keadaan ini secara langsung juga mendorong manusia untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan.

Mencermati hal tersebut, PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) bersama Direktorat Ekonomi Digital Sektor Pendidikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dan sejumlah stakeholder menyelenggarakan webinar bertajuk “Teknologi Digital untuk Pendidikan” sebagai salah satu agenda  Adopsi Teknologi Digital di Sektor Pendidikan yang dicanangkan oleh Direktorat Ekonomi Digital Kemenkominfo RI.

Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI I Nyoman Adhiarna mengatakan rangkaian adopsi teknologi digital di sektor pendidikan pada tahun 2021 sudah dilaksanakan di 10 kawasan, yakni Kab. Pemalang, Kab. Kuningan, Kab. Tasikmalaya, Kab. Malang, Kab. Kudus, Kab. Lombok Tengah, Kota Palu, Kab. Magelang, Kab. Banyuwangi, dan Provinsi Bali.

"Total sekolah yang sudah berhasil diikutsertakan dalam program ini adalah 360 sekolah yang terdiri dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Webinar nasional pada 18 Desember 2021 merupakan agenda penutup rangkaian adopsi teknologi digital di sektor pendidikan tahun 2021,” ujar Nyoman dikutip dari keterangan tertulisnya.

Sementara itu, CTO/CO-Founder Pahamify Edria Albert mengatakan mereka berkomitmen memberikan nilai tambah bagi pendidikan di Indonesia melalui penyediaan fitur dan produk unggulan serta penyelenggaraan kegiatan bagi siswa, orang tua, dan guru. Pahamify turut serta dalam setiap rangkaian adopsi teknologi digital Kemenkominfo RI, mulai dari workshop di sejumlah wilayah di Indonesia hingga pelaksanaan webinar nasional. 

"Sejak awal pandemi COVID-19 hadir di Indonesia pada Maret 2020 lalu Pahamify telah menjalankan sejumlah inisiatif bagi pendidikan di Indonesia. Antara lain dengan memberikan diskon hingga akses gratis untuk konten belajar; menyelenggarakan program #BelajarJam6Pagi secara gratis untuk persiapan UTBK; mendukung metode flipped classroom melalui program Sekolah Bareng Pahamify; hingga berkolaborasi dengan Kemendikbudristek,"  ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper