Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Akan Boyong Gim Andorid ke Pengguna Windows pada 2022

Google menyebutkan akan memboyong gim Android ke Windows termasuk aplikasi Google Play Games pada 2022.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 14 Desember 2021  |  03:42 WIB
AMD Link merupakan aplikasi gratis untuk menghubungkan komputer gim dengan tablet, ponsel, atau televisi.  - amd.com
AMD Link merupakan aplikasi gratis untuk menghubungkan komputer gim dengan tablet, ponsel, atau televisi. - amd.com

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi multinasional, Google menyebutkan akan memboyong gim Android ke Windows termasuk aplikasi Google Play Games pada 2022

Dikutip melalui The Verge, Product Director of Games Android and Google Play Greg Hartrell mengatakan play games ini bakal menjadi jembatan untuk menghadirkan gim Android ke Windows, baik itu laptop, tablet, ataupun desktop PC.

"Mulai 2022, pemain akan bisa menikmati game favorit mereka dari Google Play di lebih banyak perangkat: juga berpindah secara mulus dari ponsel, tablet, Chromebook, dan dalam waktu dekat, PC Windows," ujarnya, dikutip pada Selasa (14/12/2021).

Dia meyakini, produk tersebut akan membawa kehebatan Google Play Games ke laptop dan desktop sehingga dapat memperluas platform mereka untuk para pemain agar bisa lebih menikmati gim Android.

Menurut juru bicara Google Alex Garcia-Kummert, mereka membangun sendiri aplikasi yang membolehkan game Android dimainkan di Windows, yang artinya mereka tidak bekerja sama dengan pembuat aplikasi emulator seperti BlueStacks dan sejenisnya.

Aplikasi ini, seperti yang dipamerkan Google di The Game Awards, juga membuat pemain bisa melanjutkan permainan yang sebelumnya dimainkan di perangkat mobile ke PC.

Lalu perilisannya akan terjadi pada 2022, dan sejauh ini belum jelas teknologi apa yang bakal dipakai Google untuk mengemulasi aplikasi Android di Windows, namun yang jelas gamenya akan dimainkan secara lokal, alias bukan melalui streaming dari cloud.

"Ini akan menjadi aplikasi asli Windows yang didistribusikan oleh Google, dan mendukung Windows 10 ke atas. Ini tidak akan melibatkan streaming game," jelas Hartrell.

Pengumuman Google ini datang beberapa bulan setelah Microsoft mulai menjajal aplikasi Android di Windows 11. Microsoft menggunakan Windows Subsystem for Android, yang bisa menjalankan aplikasi Android dari berbagai sumber.

Microsoft bekerja sama dengan Amazon untuk menghadirkan fitur tersebut, yang artinya hanya sedikit aplikasi dan game Android yang tersedia di Windows 11. Celah itulah yang mungkin diincar oleh Google dan beberapa penyedia emulator Android seperti BlueStacks dan lainnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google windows Gim Daring
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top