Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecepatan Internet Smartfren (FREN) Naik, Ini Datanya

Dalam Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2021 yang dikeluarkan oleh Opensignal, diketahui rata-rata kecepatan Smartfren meningkat 1,5 Mbps secara tahunan menjadi sebesar 10,9 Mbps, pada Desember 2021. Kecepatan unggah naik dari 5,2 Mbps pada 2020, menjadi 5,9 Mbps pada 2021. 
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 10 Desember 2021  |  15:37 WIB
Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019).  - Bisnis/Endang Muchtar
Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — Kualitas jaringan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) mengalami peningkatan yang cukup baik pada 2021, dibandingkan dengan 2020.

Perluasan jaringan dan penambahan kapasitas di sejumlah titik menjadi pendorong membaiknya jaringan Smartfren. 

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan peningkatan kualitas jaringan didorong dengan komitmen Smartfren untuk terus berinvestasi di jaringan. 

“Smartfren terus meningkatkan cakupan, juga penambahan kapasitas jaringan dari Base Transceiver Station (BTS), transport sampai di sisi inti,” kata Agus kepada Bisnis, Jumat (10/12). 

Sekadar informasi, dalam Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2021 yang dikeluarkan oleh Opensignal, diketahui rata-rata kecepatan Smartfren meningkat 1,5 Mbps secara tahunan menjadi sebesar 10,9 Mbps, pada Desember 2021. Kecepatan unggah naik dari 5,2 Mbps pada 2020, menjadi 5,9 Mbps pada 2021. 

Lebih lanjut, skor pengalaman pelanggan dalam bermain gim di jaringan Smartfren juga naik dari 45,1 menjadi 58,4 pada periode tersebut. Kemudian skor pengalaman pelanggan dalam menonton video naik dari 37,7 menjadi 48,8.

Artinya pengalaman pelanggan dalam bermain gim dan menonton video di jaringan Smartfren makin baik. Meski demikian, skor tersebut adalah yang terendah dibandingkan dengan skor yang dicatatkan Telkomsel, Indosat, XL dan Tri Indonesia. 

Agus menekankan Smartfren akan terus meningkatkan kualitas jaringan yang dimiliki sehingga pengalaman pelanggan makin nyaman saat menggunakan jaringan Smartfren untuk berbagai kebutuhan. 

“Optimisasi akan terus berjalan sering dengan pengembangan jaringan 5G,” kata Agus.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet smartfren telekomunikasi
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top