Erupsi Gunung Semeru, Telkom (TLKM) Rerouting Jaringan Lumajang-Malang

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 5 Desember 2021 | 18:14 WIB
Relawan memotret jembatan Besuk Koboan atau biasa disebut Gladak Perak yang putus di Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Jembatan penghubung jalur Lumajang-Malang tersebut putus akibat diterjang lahar dingin usai gunung Semeru meletus.  ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Relawan memotret jembatan Besuk Koboan atau biasa disebut Gladak Perak yang putus di Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Jembatan penghubung jalur Lumajang-Malang tersebut putus akibat diterjang lahar dingin usai gunung Semeru meletus. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. atau TLKM telah melakukan pengaturan ulang rute (rerouting) di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan, erupsi Gunung Semeru telah memutuskan infrastruktur telekomunikasi serat optik milik Telkom, karena jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi.

Pujo menuturkan, rusaknya infrastruktur tidak mengganggu layanan telekomunikasi dari dan menuju Lumajang karena dapat dilayani melalui jalur alternatif.

“Telkom telah melakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus di Lumajang-Malang menggunakan rute lainnya,” kata Pujo kepada Bisnis, Minggu (5/12/2021).

Pujo menambahkan, saat ini Telkom terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan di beberapa lokasi yang terdampak atau terkendala pasokan listrik.

Telkom juga terus berupaya untuk mengamankan layanan Telkom Group agar tetap beroperasi normal. Saat ini, Sentral Telepon Otomat dan alat produksi lainnya terpantau dalam kondisi aman.

Untuk beberapa lokasi di sekitar gunung, kata Pujo, infrastruktur telekomunikasi padam karena matinya pasokan listrik di wilayah sekitar gunung.

Menurutnya, Telkom akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menyiapkan posko bantuan bagi masyarakat.

“Mari kita berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan, serta bencana ini bisa segera berlalu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper