Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Microsoft Blak-blakan Soal Peluang Teknologi Cloud Bagi Perbankan

Microsoft Indonesia menjelaskan peluang teknologi cloud untuk industri perbankan di masa depan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 26 November 2021  |  12:30 WIB
Logo Microsoft terlihat dengan latar awan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 14 Juni 2016 - REUTERS/Lucy Nicholson
Logo Microsoft terlihat dengan latar awan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 14 Juni 2016 - REUTERS/Lucy Nicholson

Bisnis.com, JAKARTA - Teknologi komputasi awan (cloud) menjadi faktor terpenting dalam mendorong transformasi digital di berbagai vertikal industri.

Microsoft Indonesia menuturkan layanan komputasi menjadi kebutuhan untuk mendukung berbagai inovasi di industri perbankan dan ekonomi digital seperti bank as a service, open banking hingga lokapasar digital.

National Technology Officer Microsoft Indonesia Panji Wasmana mengatakan hampir seluruh perbankan saat ini menerapkan strategi digital yang relevan.

Menurut laporan Price waterhouse Coopers (PWC), sekitar 75 persen dari pimpinan finansial ingin menerapkan lingkungan bisnis yang lebih lincah ke depannya.

Mereka menilai teknologi komputasi awan (cloud) dapat membuat ongkos yang mereka keluarkan lebih fleksibel. Salah satu penyebabnya karena mereka hanya membayar sesuai apa yang mereka gunakan. Mereka juga menginginkan skala bisnis yang lebih besar dan gesit.

Microsoft melihat hal itu sebagai peluang. Dengan teknologi terdepan yang dimiliki, Microsoft dapat mendukung transformasi digital tidak hanya di perbankan, juga di sektor lainnya.

“Kami melihat ini sebuah peluang besar bagi kami sebagai penyedia teknologi untuk memberikan kontribusi kepada mitra perbankan,” kata Panji dalam Bisnis Indonesia Financial Outlook 2021, Kamis (25/11/2021).

Panji menilai ke depan perbankan bukan hanya soal ekosistem mereka, juga tentang ekosistem lain seperti dagang el.

Tren lain yang terjadi adalah muncul era platform bank sebagai layanan (Bank as a service). Beberapa perbankan yang telah matang mengizinkan penggunaan platform kepada mitra untuk melayani para pelanggan.

Saat terjadi transformasi Baas, teknologi memegang peran penting. Panji menuturkan Microsoft telah memiliki 2 kasus pemanfaatan untuk mendukung hal tersebut. Pertama saat Microsoft menjalin kerja sama dengan Clear.bank di Inggris dan Volt 2.0 bersama Neobank di Australia.

“Teknologi komputasi awan membantu dalam transformasi bisnis inti mereka,” kata Panji.

Adapun di Indonesia, kata Panji, Microsoft telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti Telkom, Bank Mandiri, Bank BRI dan lain sebagainya untuk mendukung transformasi digital di perusahaan tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

microsoft cloud computing
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top