10 Kawah Bumi yang Terbentuk Karena Hantaman Meteor

Ayyubi Kholid Saifullah
Rabu, 3 November 2021 | 19:59 WIB
Gosses Bluff/geologyhub
Gosses Bluff/geologyhub
Bagikan

2Bagian 2

4. Gosses Bluff (Tnorala)

Australia adalah rumah bagi beberapa kawah tumbukan paling mengesankan di dunia, jadi tidak mengherankan jika kami menampilkan kawah Australia lainnya dalam daftar "wajib dikunjungi" ini.

Gosses Bluff, juga dikenal sebagai Tnorala memiliki kepentingan budaya dan ilmiah yang besar dan merupakan kawah tumbukan yang paling banyak dipelajari di Australia, menurut NASA Earth Observatory.

Para ilmuwan percaya bahwa sebuah meteor yang melaju dengan kecepatan hingga 25 mil per detik (40 km per detik) menabrak Bumi 142 juta tahun yang lalu, menciptakan kawah raksasa dengan lebar hampir 14 mil (22 km) menurut NASA Earth Observatory.

5. Kawah Pingualuit

Taman Nasional Pingualuit terletak di jantung dataran tinggi Ungava Kanada dan merupakan rumah ke kawah Pingualuit mengesankan. 

Di bawah langit Arktik, kawah dipenuhi dengan air hujan murni, terputus dari aliran masuk dari danau lain. Lingkungan unik ini - kedalaman 876 kaki (267 meter) - memberi para ilmuwan jendela ke masa lalu geologis.

6. Kawah Kaali

Terletak di Saaremaa, pulau terbesar Estonia, bidang kawah Kaali terletak 11 mil (18 km) dari ibu kota pulau yang terdiri dari satu kawah besar dan delapan kawah kecil menurut situs berita The Baltic Times.

Hebatnya, pulau ini diperkirakan telah berpenghuni pada saat tumbukan meteorit sekitar tahun 1530-1549 SM menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Meteoritics and Planetary Science , meskipun usianya masih menjadi bahan perdebatan dan perkiraan berkisar antara 2.420 tahun hingga 8.400 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper