Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Moratelindo, Smartfren (FREN) Bakal Gandeng MyRepublic

Smartfren, Moratelindo dan MyRepublic merupakan perusahaan penyedia internet yang terafiliasi dengan Grup Sinar Mas.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  21:33 WIB
Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019).  - Bisnis/Endang Muchtar
Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis,com, JAKARTA — PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) berambisi untuk mengembangkan produk True Quadplay dengan menawarkan ke lebih banyak perusahaan layanan internet tetap. 

Salah satu penyedia layanan internet rumah selanjutnya yang akan dirangkul oleh perusahaan berkode saham FREN itu adalah MyRepublic. Sebelumnya Smartfren telah menjalin kerja sama dengan Moratelindo.

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan perseroan akan terus mengembangkan kerja sama terkait dengan program Quadplay.  Jika kerja sama dengan Moratelindo perihal penjualan bersama produk Quadplay berjalan mulus, Smartfren berencana  memperluas kerja sama dengan menggandeng MyRepublic. 

Diketahui Smartfren, Moratelindo dan MyRepublic merupakan perusahaan penyedia internet yang terafiliasi dengan Grup Sinar Mas.

“Sudah ada rencana [dengan MyRepublic] jadi kita belajar dulu apa yang masih kurang dan diperbaiki dengan Oxygen.id ini,” kata Djoko kepada Bisnis, Sabtu (30/10). 

Djoko mengatakan dengan menggandeng perusahaan penyedia internet rumah, Smartfren berpeluang mendapat pelanggan berkualitas dan loyal, sehingga rerata pendapatan operator per pelanggan (ARPU) perseroan meningkat dan angka keluar-masuk pelanggan menurun.

Dari sisi ARPU, pelanggan internet rumah lebih tinggi dibandingkan dengan internet bergerak (seluler). 

Sebagai gambaran, pada Oktober 2021, ARPU dari layanan seluler Smartfren mencapai Rp29.000. Sementara itu, harga terendah dari produk bundel Quadplay adalah Rp378.000 per bulan. 

Seandainya harga layanan internet rumah dan telepon Quadplay mencapai Rp300.000 per bulan, maka Smartfren dapat memperoleh keuntungan sekitar Rp78.000 per bulan atau dua kali lipat lebih dari ARPU yang ada saat ini. Jumlah ini hanya perkiraaan karena bisa saja pendapatan yang diperoleh FREN lebih besar atau lebih kecil.  

“Memang secara jumlah tidak masif tetapi loyal dan berkualitas,” kata Djoko. 

Sekadar informasi, hingga Oktober 2021, Smartfren mengeklaim telah memiliki 32,5 juta pelanggan. Sementara itu Oxygen.id memiliki lebih dari 100.000 pelanggan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartfren telekomunikasi
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top