Smartfren (FREN) Bidik 40 Persen Pengguna Oxygen.id

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 31 Oktober 2021 | 16:02 WIB
PT Smartfren Telecom Tbk. melakukan uji coba jaringan di terowongan MRT Jakarta Istora Mandiri. Selasa (9/4/2019). /Smartfren
PT Smartfren Telecom Tbk. melakukan uji coba jaringan di terowongan MRT Jakarta Istora Mandiri. Selasa (9/4/2019). /Smartfren
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) menargetkan dapat merangkul minimum 30-40 persen dari total pelanggan layanan Oxygen.id, sebagai pelangga baru mereka.   

Melalui produk Quadplay, Smartfren akan masuk lebih dalam ke pasar Oxygen.id dan membidik pelanggan berkualitas layanan internet rumah milik PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) tersebut. 

Jika Smartfren menargetkan 30 persen pelanggan Oxygen.id, artinya sekitar 60.000 pelanggan Oxygen.id pada tahun depan akan menggunakan produk Quadplay yang baru diluncurkan. 

True Quadplay Smartfren memiliki tiga layanan yaitu Squad 25 dengan harga Rp378.000/ bulan, Squad 50 dengan harga Rp486.000/ bulan, dan Squad 100 dengan harga Rp648.000. 

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan produk quadplay, produk bundel layanan seluler dan fixed broadband, sebenarnya sudah ada sejak 4–5 tahun lalu. 

Hanya saja, saat itu produk bundel masih bersifat kerja sama antara dua entitas sehingga kerja sama kurang optimal. 

Djoko menuturkan produk Quadplay yang diluncurkan belum lama ini adalah layanan Quadplay sesungguhnya. Dengan memiliki 20,5 persen saham Moratelindo, Smartfren akan masuk lebih dalam ke pasar Oxygen.id melalui Quadplay. 

“Kami dan Oxygen.id sudah afiliasi. Jadi nanti kami bisa satu sistem penagihan (billing system)” kata Djoko kepada Bisnis, Sabtu (30/10/2021). 

Tidak hanya itu, kata Djoko, keunggulan produk ini dibandingkan dengan produk lainnya, seperti XL Satu Fiber dan Triple Play IndiHome, adalah pelanggan bisa mendapatkan internet rumah Oxygen.id, saluran TV kabel premium dan video on demand (VoD).

Para pelanggan juga bisa mengakses konten over the top (OTT), satu nomor telepon rumah bebas abodemen dan kuota nonstop untuk paket data seluler, serta melakukan melakukan panggilan gratis ke seluruh pelanggan Smartfren. 

Jika merujuk penyebaran jaringan Oxygendi.id yang berada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Medan, Jambi, Denpasar, Pontianak dan Pangkal Pinang, maka layanan Smartfren akan masuk ke daerah-daerah tersebut juga nantinya. 

Smartfren tidak hanya mendapat tambahan dari akuisisi pelanggan Oxygen.id, juga kualitas pelanggan yang lebih loyal. Tidak sekali pakai putus. 

“Kualitasnya juga tinggi karena kami menggunakan jaringan serat optik milik sendiri (Moratelindo). Target kami kira-kira minimum 30%-40% dari total pelanggan Oxygend.id” kata Djoko. 

Sekadar informasi, per Oktober 2021 jumlah pelanggan Oxgen.id diklaim telah mencapai 100.000 pelanggan, Moratelindo menargetkan jumlah pelanggan Oxygen.id tumbuh dua kali lipat tahun depan menjadi 200.000 pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper