Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkominfo: Optimalisasi Infrastruktur Telekomunikasi Ampuh Tarik Investasi

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa ada sejumlah faktor yang bisa membuat investasi di sektor telekomunikasi dalam negeri memiliki prospek cerah.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  07:49 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam konferensi pers kedatangan vaksin Covid-19 tahap kesepuluh di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat (30/4/2021).  - ANTARA
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam konferensi pers kedatangan vaksin Covid-19 tahap kesepuluh di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat (30/4/2021). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa ada sejumlah faktor yang bisa membuat investasi di sektor telekomunikasi dalam negeri memiliki prospek cerah.

Dia menuturkan bahwa estimasi pertumbuhan sektor telekomunikasi, akses ke pasar, serta regulasi yang mendukung merupakan beberapa faktor yang bisa memengaruhi arus investasi.

“Optimalisasi pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi, sehingga berpotensi mendapatkan keuntungan komersial yang mengundang peningkatan investor melalui UU Cipta Kerja,” kata Johnny kepada Bisnis, Kamis (28/10/2021).

Selain itu, pertumbuhan positif sektor telekomunikasi pada kuartal II/2020 yang mencapai 10,9 persen juga menunjukkan bahwa resiliensi industri telekomunikasi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Masuknya investasi, kata dia, juga didorong oleh adopsi teknologi, termasuk penggelaran jaringan 5G untuk kepentingan komersial.

Pemanfaatan komputasi awan oleh masyarakat yang ditunjang infrastruktur pusat data juga menjadi salah satu elemen penting dalam prospek industri telekomunikasi.

“Faktor lainnya [yang mendorong investasi masuk] adalah adopsi teknologi, termasuk penggelaran jaringan 5G untuk kepentingan komersial,” kata Johnny.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi menjadi kontributor terbesar kedua dalam realisasi investasi kuartal III/2021 sebesar Rp26,6 triliun, tumbuh 12,3 persen secara tahunan.

Dari sektor tersebut, pendorong utamanya adalah subsektor telekomunikasi, sebab pembangunan data center sedang marak di Indonesia.

“Lebih banyak [investasi] di telekomunikasi karena kami sedang membangun data center dan beberapa infrastruktur telekomunikasi,” kata Bahlil.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi kemenkominfo Johnny Plate
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top